In-depth

Setidaknya Anak Jepang Punya Cita-cita Jadi Captain Tsubatsa, Bagaimana dengan Anak Indonesia?

Kamis, 5 Juli 2018 20:19 WIB
Editor: Irfan Fikri
© INTERNET
Caption Copyright: © INTERNET
Caption
Anak Muda Jepang Ingin Jadi Tsubasa, Anak-anak Indonesia?

Kepopuleran Captain Tsubasa memang tak selalu membawa efek positif. Saking fanatiknya, Jepang justru krisis pemain yang berposisi sebagai penyerang murni lantaran Tsubasa berposisi tepat di belakang penyerang atau playmaker.

Sebut saja Shinji Kagawa, Hidetoshi Nakata, Shunsuke Nakamura, Keisuke Honda, hingga Shinji Okazaki yang nyaman di posisi di belakang penyerang murni.

Namun setidaknya, dampak negatif dari sepakbola Jepang yang mempengaruhi anak-anak di sana, tak ironi seperti di banyak negara. Anak-anak zaman now punya cita-cita ‘aneh’.

Seperti dilansir dari Dailymail, hasil survey dari lembaga First Choice menyatakan bahwa 34 persen dari 1.000 anak anak-anak sekarang malah mau jadi Youtubers atau Vloggers.  

Maka jangan kaget ketika Presiden Joko Widodo terkejut  saat Hari Anak Nasional 2017 di Pekan Baru saat bocah SD dengan lugas menjawab kalau cita-citanya bakal menjadi Youtubers.

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

Jadi, jangan terlalu aneh jika nantinya bakal banyak anak-anak muda seperti Bowo Alpenliebe. Bocah 13 tahun yang tenar dari aplikasi Tik Tok. Fenomena Bowo yang membuat Tik Tok akhirnya diblokir oleh pemerintah.

Bisa jadi anak-anak muda Tanah Air nantinya justru lebih senang dengan goyang-goyang jari di depan hape sesekali lipsync, ketimbang gerah-gerah bermain bola ke lapangan.

Tentunya kondisi ini harus menjadi perhatian sejumlah pihak bagaimana membuat Generasi Z lebih memilih cita-cita jadi atlet atau pesepakbola.

Atau kekhawatiran Ketua PSSI Edy Rahmayadi tentang minimnya jumlah pesepakbola di Indonesia yang minim sepertinya bakal makin parah, karena Generasi Z lebih memilih jadi Youtubers, Gamers atau bahkan Tik Tokers.

Berikut Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018 Babak 8 Besar 

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
67%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%