Bola Internasional

Bukan Roberto Martinez, Legenda Barcelona Ini Favorit Jadi Pelatih Spanyol

Jumat, 6 Juli 2018 15:30 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Barrington Coombs/Getty Images)
Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez Copyright: © Barrington Coombs/Getty Images)
Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez

Spanyol gagal meraih prestasi tertinggi di ajang Piala Dunia 2018. Sempat optimistis bersama Julen Lopetegui, Spanyol justru mendepak sang pelatih dan menggantinya dengan Fernando Hierro beberapa hari sebelum kompetisi dimulai.

Hierro tidak mampu berbuat banyak tatkala gagal memberikan permainan terbaik dengan skuat yang tidak ia ramu sendiri. Alhasil, Spanyol harus tersingkir di babak 16 besar lewat adu penalti melawan Rusia.

Spanyol tampaknya akan segera mencari pelatih tetap. Stasiun televisi Spanyol, Cuatro melaporkan bahwa Xavi Hernandez menjadi salah satu favorit untuk melatih La Furia Roja.

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

Nama legenda Barcelona tersebut masuk dalam daftar kandidat pelatih Spanyol. Selain Xavi, ada pula nama mantan pelatih Barcelona Luis Enrique, Quique Sanchez Flores, Michel, bahkan pelatih Belgia, Roberto Martinez.

Dilansir dari Marca, Xavi diketahui telah mendapatkan lisensi kepelatihan. Ia kini masih bermain untuk klub asal Qatar, Al-Sadd.

Xavi sebenarnya telah memperpanjang kontrak bersama Al-Sadd selama dua tahun pada bulan Mei. Akan tetapi, ia diharapkan dapat menjadi pelatih tim menggantikan Manuel Jesuldo Ferreira pada Januari 2019.

Pemain berusia 38 tahun itu memang telah lama ingin menjadi pelatih. Ia menyadari bahwa fisiknya tidak lagi mendukung untuk bermain sebagai pesepakbola.

“Fisik saya tidak lagi mampu untuk bertanding, sulit untuk memulihkannya kembali. Mungkin ini tahun terakhir saya sebagai pemain. Saya berencana mengambil kursus kepelatihan tahun depan dan menjadi pelatih,” ujar Xavi saat November 2017, dilansir oleh Marca.

Berikut Jadwal Lengkap Babak 8 Besar Piala Dunia 2018 Hari Ini, Jumat (06/07/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA