Bola Internasional

Legenda MU Sebut Guardiola 'Bantu' Inggris ke Semifinal Piala Dunia 2018

Senin, 9 Juli 2018 10:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Selebrasi pemain Inggris atas gol pertama. Copyright: © Getty Images
Selebrasi pemain Inggris atas gol pertama.

Kesuksesan Inggris melaju ke semifinal Piala Dunia 2018 memancing mantan gelandang Manchester United, Paul Scholes, untuk tidak mengabaikan jasa Pep Guardiola dan gaya ‘Spanyol’-nya.

Three Lions untuk pertama kalinya sejak 28 tahun yang lalu mencapai semifinal Piala Dunia, setelah menundukkan Swedia dengan skor 2-0, melalui sundulan Harry Maguire dan tendangan Dele Alli.

Scholes, yang telah bermain 66 kali untuk Inggris, merasa bahwa mereka telah meniru gaya permainan yang dipopulerkan Guardiola dan sepakbola Spanyol.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR

“Guardiola? Dia pasti berpengaruh besar di Inggris,” kata Scholes kepada BeIN Sports.

“Terutama ketika Anda melihat cara mereka (Inggris) mendapatkan tiga bek, cara mereka memainkan kiper,” jelasnya.

Manajer Man City yang telah memenangkan serangkaian gelar di level klub, memiliki hubungan yang menarik dengan Piala Dunia.

Spanyol memenangkan turnamen itu pada tahun 2010 setelah Barcelona di bawah Guardiola memenangkan La Liga Spanyol.

Hal tersebut berlanjut ke kubu Jerman dengan menjuarai Piala Dunia 2014 setelah Bayern Munchen di bawah besutan Guardiola memenangkan Bundesliga.

© INDOSPORT
Pep Guardiola pelatih Man City bersama torfi Liga Primer Inggris 2017/18. Copyright: INDOSPORT
Pep Guardiola pelatih Man City bersama torfi Liga Primer Inggris 2017/18.

Empat tahun kemudian, City memenangkan Liga Primer Inggris di bawah pria asal Catalunya ini, dan kini Inggris tengah menikmati penampilan terbaik mereka di Piala Dunia sejak tahun 1990.

“Saya tidak berpikir Gareth (Southgate) telah membuat rahasia. Dia telah melihat Pep (Guardiola) dan dia meniru ‘otaknya’,” tutur Scholes.

“Dia ingin tahu bagaimana dia menciptakan sepakbola semacam itu. sebagai penggemar Inggris dan mantan pemain Inggris, kami ingin melihat sepakbola terbaik,” tambahnya.

“Spanyol memainkan sepakbola terbaik, Man City memainkan sepakbola terbaik, jadi mengapa tidak mencoba dan menyalin gaya permainan itu?” Scholes menanggapi.

Kemenangan atas Swedia akhir pekan lalu juga mengantarkan Inggris bertemu dengan Kroasia, tim yang juga tampil perkasa di Piala Dunia 2018. Keduanya akan saling 'baku hantam' pada Kamis (12/07/18) dini hari WIB.

Berikut Tim-tim yang Berhasil Lolos ke Fase Semifinal Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA