Bola Internasional

Tersisih dari Piala Dunia, Spanyol Salahkan Pelatihnya?

Senin, 9 Juli 2018 22:09 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Andres Iniesta dan Fernando Hierro Copyright: © Getty Images
Andres Iniesta dan Fernando Hierro

Tersisihnya Timnas Spanyol dari Piala Dunia 2018 dan diikuti oleh mundurnya Fernando Hierro dari posisi pelatih, membuat publik bertanya-tanya apakah kekalahan La Furia Roja disebabkan oleh Hierro yang menjadi pelatih dadakan.

Hierro menjadi pelatih Spanyol secara tiba-tiba yakni beberapa saat sebelum Piala Dunia 2018 dimulai. Hal ini disebabkan oleh mundurnya pelatih Spanyol sebelumnya, Julen Lopetegui, yang tanpa sepengetahuan Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) menjadi pelatih Real Madrid, dilaporkan oleh ABC.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR

Hal ini membuat Presiden RFEF, Luis Rubiales, marah terhadap Lopetegui karena kepergiannya yang tidak dikonfirmasi kepada RFEF membuat Spanyol kebingungan mencari pelatih baru. Lopetegui resmi dipecat oleh RFEF pada 13 Juni lalu.

Waktu yang singkat antara Hierro dengan skuat Spanyol membuat La Furia Roja hanya tampil empat kali selama Piala Dunia 2018 dengan hasil akhir satu kemenangan, dua seri, dan satu kekalahan. Selain itu Spanyol juga mendapat kritik karena menyelesaikan lebih dari seribu umpan tanpa menghasilkan peluang mencetak gol yang cukup.

Meski belum jelas apa alasan dari kepergian Hierro, namun pelatih yang juga mantan penggawa timnas dan kapten Real Madrid tersebut mengatakan menolak untuk kembali lagi menjadi pelatih sepakbola.

Meski kepergian Lopetegui menuai kontroversi, hal tersebut tidak membuat dirinya dengan Lopetegui renggang. Mereka tetap berteman namun tidak pernah membahas strategi skuat Spanyol.

"Kami adalah teman dan kami mungkin berkomunikasi sebagai teman tetapi kami tidak berbicara tentang sepakbola dan taktik. Tolong jangan berpikir bahwa setiap kali saya harus membuat keputusan, saya memanggil Lopetegui dan menanyakan pendapatnya,” ujar Hierro.

RFEF sendiri akhirnya menetapkan mantan pelatih Barcelona, Luis Enrique, sebagai pelatih baru Timnas Spanyol pada hari ini, Senin (09/07/18).