Bola Internasional

Arsene Wenger Terbang ke Liberia, Kode Latih Timnas Negara Afrika?

Rabu, 22 Agustus 2018 23:40 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Image
Arsene Wenger, mantan pelatih Arsenal. Copyright: © Getty Image
Arsene Wenger, mantan pelatih Arsenal.

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, dikabarkan akan terbang ke Afrika. Ia dipanggil secara khusus oleh Presiden Liberia, George Weah.

Dilansir dari AS, Wenger akan diberi penghargaan nasional tertinggi oleh Presiden Liberia pada 24 Agustus nanti. Weah menganugerahi Wenger penghargaan atas jasanya dalam perkembangan karier sepak bola sang presiden di masa lalu.

Weah merupakan satu-satunya pemain dari benua Afrika yang pernah meraih gelar Pemain Terbaik FIFA. Wenger berjasa dalam pencapaian tersebut saat pertama kali merekrutnya ke AS Monaco pada 1988.

Weah mengaku dididik oleh Wenger seperti layaknya anak sendiri. Ia mengungkapkan bahwa kariernya tidak akan sampai ke Eropa jika tidak berkat Wenger.

Selain itu, Claude Le Roy juga mendapatkan penghargaan yang sama sebab berperan dalam merekomendasikan Weah kepada Wenger. Pihak pemerintah telah mengonfirmasi kedatangan Wenger dan Claude ke Liberia dalam waktu dekat.

“Mereka akan diberi penghargaan oleh Liberia pada 24 Agustus yang mana merupakan hari bersejarah bagi karier sepak bola Presiden George Weah,” ujar Eugene Nagbe selaku Menteri Informasi Liberia.

“Kedua pelatih tersebut akan ditasbihkan dalam upacara di Monrovia.”

Tidak hanya memiliki ikatan batin dengan Weah, Wenger juga dikenal sebagai sosok yang berkontribusi dalam pengembangan sepak bola Afrika. Ia kerap memberikan kesempatan dan mengorbitkan pemain asal Afrika, seperti Kolo Toure an Nwankwo Kanu.

Weah pensiun dari dunia sepak bola pada 2003. Ia lalu terjun ke dunia politik dan terpilih sebagai Presiden Liberia pada 2017.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT