Bola Internasional

Klub Semenjana Liga Portugal Ini Pernah Miliki 2 Kiper Kelas Dunia Sekaligus

Kamis, 23 Agustus 2018 17:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.com – Nama Rio Ave memang tak setenar Benfica dan FC Porto di Liga Portugal. Namun siapa yang menyangka bahwa dua kiper kelas dunia, Jan Oblak dan Ederson Moraes, pernah bermain untuk klub berjuluk Vilacondenses, pada musim 2012/13.

Jan Oblak dan Ederson tidak pernah mengira bahwa mereka akan menjadi kiper papan atas yang menjadi incaran klub teratas di Eropa.

Oblak merupakan salah satu kiper elit La Liga Spanyol yang bermain untuk klub Atletico Madrid, pamornya semakin meroket sejak menundukkan Real Madrid di final Liga Super Eropa awal musim ini.

Menurut catatan Whoscored, Oblak membuat 22 nirbobol di Liga Spanyol musim 2017/18. Selain itu, kiper Timnas Slovenia ini menorehkan catatan penyelamatan tertinggi di Eropa, yakni 85,8 persen penyelamatan berhasil.

Sementara Ederson Moraes, kiper muda andalan Manchester City itu menjadi salah satu kiper terbaik Premier League. Kiper 25 tahun ini kerap melakukan penyelamatan yang fantastis sehinga The Citizens berhasil menjuarai Liga Inggris musim lalu.

 

In the 2012-13 season, Portuguese side @rioavefc had an 18-year-old guy named Ederson and a 19-year-old guy called Oblak in their side 👀🇵🇹 @oblakjan @ederson93

Sebuah kiriman dibagikan oleh 433 | Football (Soccer) (@433) pada

Kembali pada musim 2012/13, kedua kiper tersebut rupanya pernah memperkuat tim dari Liga Portugal, Rio Ave FC. Kala itu Ederson masih berusia 18 tahun dan bergabung dengan klub Portugal sejak pindah dari klub pertamanya saat debut senior di Portugal, Riberiao. Kiper asal Brasil itu bermain selama tiga musim lalu kemudian kembali ke klub masa mudanya, Benfica, dan masuk ke tim B.

© Catherine Ivill - AMA/Getty Images
Kiper utama Atletico Madrid, Jan Oblak. Copyright: Catherine Ivill - AMA/Getty ImagesKiper utama Atletico Madrid, Jan Oblak.

Ederson sendiri pertama kali datang ke Inggris pada musim lalu. Ia dibeli dengan harga yang cukup fantastis yaitu mencapai 40 juta euro atau Rp676 miliar. Ederson selalu mendapatkan kepercayaan dari manajer Manchester City, Pep Guardiola, di sepanjang musim ini.

Sementara Oblak didatangkan ke Ave sebagai pemain pinjaman dari Benfica dan hanya bertahan selama satu musim saja. Kini, berusia 25 tahun itu pernah menjadi incaran dua klub raksasa Liga Inggris, Chelsea dan Liverpool.

Oblak memiliki nilai transfer sebesar 89 juta poundsterling atau Rp1,6 triliun, menyamai Alisson Becker yang kemudian didatangkan ke Liverpool.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti Terus Berita Sport dan Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT.