Liga Indonesia

3 Koreografi Kreatif dari Kelompok Suporter Klub Sepak Bola Indonesia

Jumat, 14 September 2018 19:40 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter/@pssi__fai.
Suporter Timnas Indonesia. Copyright: © Twitter/@pssi__fai.
Suporter Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Sebuah pertandingan sepak bola akan terasa sangat hampa bila dimainkan tanpa kehadiran para suporter yang hadir di stadion.

Teriakan, nyanyian, serta berbagai aksi unik lainnya kerap dilakukan para suporter untuk menyemangati para pemain di atas lapangan, terlepas dari apapun hasilnya.

Bila melihat fakta ini, peran suporter dalam sebuah pertandingan sepak bola jelas layak untuk mendapatkan penghargaan. Tak heran, jika banyak tim yang lantas begitu mengapresiasi kinerja para suporter dan menyebutnya sebagai pemain ke-12.

Di kompetisi sepak bola Indonesia, para suporter juga kerap melakukan aksi unik dan kreatif untuk mendukung tim kesayangannya berlaga. Salah satu bentuk dukungan kreatif yang belakangan cukup menjadi tren di Indonesia adalah koreografi.

Ya, beberapa kelompok suporter klub sepak bola di Indonesia diketahui pernah menggelar aksi koreografi memukau di tribun penonton. Tak jarang, aksi-aksi koreografi tersebut sampai mendapat perhatian media asing. 

INDOSPORT pun lantas mencoba merangkum aksi-aksi koreografi kreatif yang pernah dilakukan beberapa kelompok suporter klub sepak bola di Indonesia. Berikut ulasannya untuk Anda pembaca setia kami.