Bola Internasional

Nyaris Tak Ada Pemain Barcelona di Skuat Spanyol, Eks Pelatih Heran

Jumat, 14 September 2018 17:25 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Del Bosque (kanan) dengan David De Gea. Copyright: © Getty Images
Del Bosque (kanan) dengan David De Gea.

INDOSPORT.COM - Real Madrid dan Barcelona selalu menjadi penyumbang pemain terbanyak di tim nasional Spanyol. Namun, saat ini semua tak sama lagi.

Di ajang UEFA Nations League, hanya Sergio Busquets nama pemain Barcelona yang tersisa dalam skuat asuhan Luis Enrique. Jordi Alba sudah dicoret, sementara nama-nama lama seperti Andres Iniesta dan Gerard Pique sudah memutuskan pensiun.

Hal ini menimbulkan keheranan eks pelatih Spanyol Vicente Del Bosque. Maklum saja, sewaktu pria 67 tahun ini membawa Spanyol juara dunia 2010 dan juara Eropa 2012, jumlah pemain Barcelona dan Real Madrid masih terbilang imbang, sekalipun ada juga dari klub-klub di luar itu seperti Fernando Torres, Juan Mata, atau David Silva.

"Mengejutkan nyaris tak ada pemain Barcelona di skuat, tapi itulah siklus. Bukan ingin menjelekkan La Masia (akademi sepak bola Barcelona), namun klub tidak boleh melupakan sepak bola usia muda," ujar pelatih yang sempat membawa Real Madrid juara Liga Champions Eropa dua kali (1999/2000 dan 2001/2002) sebagaimana dilansir Tribalfootball.

Del Bosque juga memuji Busquets sebagai sosok yang punya jiwa pemimpin di lapangan hijau. Spanyol yang terpuruk di Piala Dunia 2018 di Rusia mencoba bangkit di ajang UEFA Nations League.

Dalam dua laga awal UEFA Nations League, Spanyol tampil baik dengan mengalahkan Inggris 2-1 dan finalis Piala Dunia 2018 yaitu Kroasia dengan skor telak 6-0.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

892