In-depth

Ketika Manchester United Menjadi 'Kutukan' bagi Pesepak Bola Brasil

Minggu, 16 September 2018 09:16 WIB
Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Fred saat resmi diperkenalkan Man United. Copyright: © Getty Images
Fred saat resmi diperkenalkan Man United.
Mimpi Buruk Pemain Brasil Membayangi Andreas Pereira dan Fred

Selain Kleberson, ada tujuh pemain asal Brasil yang pernah bermain untuk Manchester United, yaitu Anderson Oliveira, Rodrigo Possebon, Rafael da Silva, Fabio da Silva, Andreas Pereira, dan Fred.

Anderson Oliveira dan Rafael da Silva merupakan dua pemain yang bertahan lama membela Manchester United. Meski berhasil membantu Manchester United menjuarai Liga Champions 2007/2008, secara keseluruhan kedua pemain tersebut bisa dibilang gagal memberikan kemampuan yang diharapkan.

Sejumlah pengamat sepak bola menilai kegagalan pesepak bola Brasil yang tampil melempem bersama Manchester United dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah gaya sepak bola Liga Inggris yang kurang cocok dengan pemain Negeri Samba.

Pemain Brasil sangat nyaman apabila diberikan ruang untuk unjuk kebolehan, seperti melakukan trik-trik ajaib. Namun dengan gaya yang kaku, umpan-umpan panjang menghujani kotak penalti, dan kesenangan mengumbar tekel keras yang menjadi ciri khas Liga Inggris, jelas bukan lingkungan yang pas bagi bakat-bakat dengan keterampilan individu yang tinggi.

'Kutukan' pemain asal Brasil di Manchester United pun kini menghantui Andreas Pereira dan Fred. Pereira datang ke Manchester United sejak tahun 2014, namun ia kerap dipinjamkan ke beberapa klub La Liga Spanyol. Terakhir pada musim 2017/18, Manchester United meminjamkan pemain 22 tahun ini ke Valencia.

Sementara Fred baru didatangkan Manchester United di musim 2018/19 dari Shakhtar Donetsk dengan mahar 52 juta pound sterling (kurang lebih Rp969 miliar). Pemain 25 tahun ini mendapatkan kontrak selama lima tahun dengan opsi perpanjangan setahun di Manchester United.

Fred dan Pereira masih memiliki kesempatan untuk sukses bersama Manchester United, namun semua tergantung dengan kemampuan mereka yang bakal diberikan oleh pelatih Jose Mourinho untuk bisa memberikan peforma gemilang di atas lapangan.

Tentunya, Manchester United akan berharap Pereira dan Fred bisa memutus rekor buruk pemain Brasil yang pernah bermukim di Old Trafford. Jika tidak, Pereira dan Fred akan melanjutkan kutukan para pemain Brasil di Manchester United.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Tim Sepak Bola Manchester United Hanya di INDOSPORT.com.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
73%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
7%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
7%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
7%
IDS Emoticon Marah
Marah
7%