Liga Champions

Hadapi Lyon, Arteta Siap Ambil Alih Tugas Guardiola

Rabu, 19 September 2018 14:41 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Image
Pelatih Man City, Pep Guardiola dan asistennya, Mikel Arteta. Copyright: © Getty Image
Pelatih Man City, Pep Guardiola dan asistennya, Mikel Arteta.

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Manchester City, Mikel Arteta, mengaku siap menggantikan peran Pep Guardiola dalam laga penyisihan grup Liga Champions 2018/19 kontra Olympique Lyon nanti malam. Guardiola sendiri harus rela menjauh sementara waktu dari timnya saat pertandingan lantaran sedang dihukum UEFA.

Arteta tidak membantah bahwa Guardiola pastinya merasa kecewa. Oleh karena itu, mantan pemain Arsenal tersebut berjanji tidak akan menyia-nyiakan kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepadanya untuk mendampingi tim di level Eropa.

“Jelas saja dia (Guardiola) merasa kecewa. Kita semua tahu bagaimana pentingnya pertandingan Liga Champions baginya. Dia menunjukkan reaksinya (saat perempatfinal musim lalu) dan mereka menghukumnya. Situasinya seperti itu,” ujar Arteta seperti dikutip dari Irish Examiner.

“Kami menghormati keputusan yang telah diambil. Dia pasti tidak menginginkan hal ini. Akan tetapi, sekarang saya berada di sini dan saya akan berusaha sebaik mungkin mengurangi dampak absennya Pep,” ujarnya lagi.

Meski demikian, Arteta sadar betul bahwa sosok Guardiola memang begitu inspiratif tidak tergantikan bagi skuatnya.

“Tentu saja ini sebuah tantangan yang besar, tetapi jika saya diminta memilih, saya lebih memilih Pep berada di pinggir lapangan karena dia mampu melakukan tugasnya lebih baik dari siapa pun,” ungkapnya.

Arteta yang sempat dirumorkan kembali ke Arsenal untuk membantu Unai Emery tersebut pun berharap tugasnya kali ini dapat menjadi pelajaran berharga dalam meniti karier manajerialnya. Ia pun tidak menampik bahwa dirinya pasti memiliki mimpi besar untuk menjadi seorang pelatih di masa yang akan datang.

“Saya begitu menyukai pekerjaan saya sekarang. Jika Anda bertanya apakah suatu hari saya ingin menjadi pelatih utama, jawabannya mungkin saja iya. Akan tetapi, untuk saat ini saya bahagia berada di sini,” ujarnya.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Perkembangan Terbaru Seputar Liga Champions Hanya di INDOSPORT.

141