Liga Indonesia

Sambut Persebaya, Panpel Arema Perketat Keamanan

Senin, 24 September 2018 12:39 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Arema FC vs Persebaya Surabaya. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Arema FC vs Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM - Duel panas kontra Persebaya Surabaya, bakal menyita banyak perhatian di benak publik sepak bola Malang Raya. Pertandingan Derby Jatim itu bakal menghadirkan atmosfer ketat yang dibumbui rivalitas suporter bertahun-tahun.

Tingginya animo itu sudah tergambar dari ludesnya 34 ribu lembar tiket untuk kategori ekonomi. Tiket seharga Rp40 ribu itu sudah lenyap dalam sepuluh hari, sejak dibuka pada 5 September lalu, yang berbarengan dengan pemesanan tiket laga kontra Madura United.

Pada laga yang masuk kategori big match, Panpel Arema FC konsisten untuk menggenapi kuota tiket hingga Rp 45 ribu lembar, sedikit memenuhi batas maksimal Stadion Kanjuruhan hingga 50 ribu penonton.

Hasilnya, masih ada 11 ribu tiket yang terdiri dari kategori VIP (Rp 150 ribu), VVIP (Rp 200 ribu) serta jatah untuk mitra kerja maupun sponsor.

"Harapan kami tentunya semua antusiasme bisa tertampung. Tapi tiket yang dilepas sudah habis, sehingga tidak mungkin lagi menambah kuota tiket," papar Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

Tak pelak, tingginya angka kehadiran Aremania pada laga kontra Persebaya pun membuka peluang terjadinya kerusuhan. Hal itu mengacu pada insiden melubernya penonton hingga area settel ban, kala Arema FC menjamu Persija Jakarta (3 Agustus), lantaran sudah sesaknya tribun stadion.

Potensi itu pun sudah dihitung secara matang oleh pihak klub berlogo kepala singa itu, dengan menambah jumlah personel keamanan yang mencapai ribuan, terdiri dari unsur keamanan internal dari Panpel, kepolisian serta TNI pada laga yang digelar 30 September nanti.

"Keamanan pasti kami tambah hingga dua kali lipat dari jumlah biasanya. Sehingga kami optimistis tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Sudarmaji.

"Dari unsur Match Steward juga kami harapkan tidak ada aksi-aksi yang memancing (emosi suporter), apalagi sekarang banyak diisi oleh Aremania sendiri. Jadi, sudah banyak yang berubah," tutupnya.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Sepak Bola Serta Serba-serbi Liga Indonesia di INDOSPORT.

4