Liga Indonesia

Boikot Liga 1, Bek Timnas: Suporter Harus Berubah!

Selasa, 25 September 2018 19:10 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Media Persebaya
Pemain Persebaya Surabaya, Ruben Sanadi. Copyright: © Media Persebaya
Pemain Persebaya Surabaya, Ruben Sanadi.

INDOSPORT.COM - Kemenangan Persib Bandung atas Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-23 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/09/18), terasa hambar bagi Maung Bandung, karena meninggalnya salah seorang Jakmania di sekitar stadion.

Banyak pihak yang mengecam insiden berdarah yang terjadi di siang bolong itu. Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) merekomendasikan untuk menghentikan kompetisi tertinggi di Indonesia untuk sementara.

Wacana itu juga didukung oleh Asosiasi Pesapakbola Profesional Indonesia (APPI) yang meminta para pemain untuk mogok di pekan ke-24. Rencananya, aksi mogok akan diteruskan hingga ada nota kesepakatan damai antar suporter di Indonesia.

Pernyataan sikap APPI ini turut disetujui oleh 15 kapten klub Liga 1 Indonesia yang hadir dalam konferensi pers di Hotel Century, Selasa (25/09/18). Ada perwakilan tiga tim yang tidak hadir dalam acara tersebut yaitu Persipura Jayapura, Persib Bandung, dan PSMS Medan.

Ruben Sanadi, pemain Persebaya Surabaya juga meminta para suporter untuk tidak mengulangi aksi fanatisme yang berlebihan hingga tega melakukan tindakan keji itu. Baginya, jika suporter terus begini, pemain yang akan terkena dampak negatifnya.

“Kalau saya sebagai pemain, kita harus sikapi ini karena ini sepakbola professional. Jangan merugikan pemain karena aksi suporter itu. Kami sebagai pemain, meminta suporter untuk dewasa,” kata mantan pemain Persipura Jayapura itu.

Fanatisme dalam sepakbola adalah suatu energi yang dapat membakar gairah sebuah pertandingan sepakbola memanas dan seru. 

Akan tetapi, jika itu sangat panas, api berupa fanatisme dapat membakar (mematikan) apapun termasuk semua pelaku sepakbola.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT