Bola Internasional

Hasil Babak Pertama Piala Asia U-16 2018: India vs Timnas Indonesia U-16

Kamis, 27 September 2018 20:31 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Mochammad Supriadi tengah membawa bola dan dipung banyak pemain India. Copyright: © Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Mochammad Supriadi tengah membawa bola dan dipung banyak pemain India.

INDOSPORT.com - Laga lanjutan grup C Piala Asia U-16 2018 antara India vs Timnas Indonesia U-16 tengah berlangsung, Kamis (27/09/18), dan babak pertama telah berakhir.

Di awal babak pertama, kedua tim bermain terbuka. Di 10 menit awal pertandingan, Indonesia telah mendapatkan 2 kali sepak pojok berkat tusukan dari M. Supriadi dan Sutan Zico.

India dengan formasi dasar 4-3-3 kadang bertahan dengan formasi 4-4-2 dan memberi ruang bagi Vikram untuk turun sebagai pemain tengah ketika Timnas U-16 menguasai bola.

Lini tengah yang dikendalikan trio David, Andre, dan Brylian berhasil membuat India gagal mengembangkan permainan dan sulit menguasai bola. Mereka praktis hanya mengandal seranga balik cepat memanfaatkan lambatnya transisi bertahan Timnas U-16.

Zico mendapatkan peluang di menit ke-18 memanfaatkan kelengahan di dalam kotak penalti lawan, sayang sontekan volinya masih terlalu tinggi. Semenit berselang, India mendapatkan peluang melakukan tembakan dari jarak dekat, namun tembok pertahanan Timnas U-16 yang digalang oleh Komang Teguh masih terlalu tangguh.

Mulai memasuki menit ke-20, lini pertahanan pasukan Fakhri Husaini kerap mudah diterobos melalui skema serangan balik cepat. Meskipun begitu, akselerasi M. Supriadi diteruskan umpan satu-dua di area kotak penalti dengan Sutan Zico terus mengancam rapatnya pertahanan India U-16.

Di menit ke-31, David Maulana melakukan opsi tembakan jarak jauh menyusur tanah, namun masih tipis di sisi kiri kiper Niraj. Sampai menit ke-40, Timnas U-16 masih terburu-buru dan kerap melakukan salah komunikasi dalam melakukan serangan.

Bagas sempat mengancam melalui serangan dari sisi kanan, tetapi tembakannya masih melebar di sisi kanan gawang lawan. Hingga babak pertama usai, Timnas U-16 belum mampu menembus kuatnya pertahanan India U-16 dan skor masih bertahan imbang sama kuat dengan skor 0-0.

165