Bola Internasional

Tantang Australia, Kiper Timnas Indonesia U-16 Sudah Siap Adu Penalti?

Senin, 1 Oktober 2018 12:11 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Kiper Timnas Indonesia U-16, Ernando Ari. Copyright: © Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Kiper Timnas Indonesia U-16, Ernando Ari.

INDOSPORT.COM - Laga antara Timnas Indonesia U-16 vs Australia diprediksi berlanjut hingga babak adu penalti.

Pelatih Kiper Timnas Indonesia U-16, Gatot Prasetyo memberikan wejangan khusus kepada penjaga gawang Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi. Baginya Ernando harus mampu menunjukkan konsistensinya dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Nama penjaga gawang Timnas Indonesia U-16, Ernando Ari Sutaryadi sempat menjadi perbincanganwarga Indonesia. Dia bak menjadi pahlawan usai menepis dua tendangan pemain Thailand di babak final Piala AFF U-16 2018 lalu.

Berkat kecermatannya membaca penalti lawan, dia pun berhasil mempersembahkan gelar juara AFF U-16 2018 untuk Indonesia. Tidak heran bila ia kembali dipercaya sebagai kiper Garuda Asia di Piala Asia U-16 2018.

Kini dia bersiap mengawal gawang Indonesia dari Australia di babak delapan besar Piala Asia U-16 2018. Jelang laga ini, penjaga gawang asal Semarang ini mendapat wejangan khusus dari sang pelatih Gatot Prasetyo.

"Seorang penjaga gawang baik adalah dilihat konsistensinya. Jadi apa yang dia buat sudah jadi standar dan saya hanya membantu untuk dia berusaha mempertahankan di level dia," ucap Gatot ketika berbincang dengan awak INDOSPORT di Malaysia, Senin (01/10/18).

Gatot pun tak menampik bila Nando harus siap kembali membuktikan kelasnya bila laga nanti haris berakhir lewat drama adu penalti. Baginya Nando harus memiliki mental yang tebal untuk tetap menunjukkan permainan terbaiknya.

"Namanya penalti itu kita siapkan kita juga latih itu baik penendang dan kiper kita siapkan."

"Tapi di penalti itu adalah kesiapan mental. Andai kata mental siap itu akan membantu teknis bermain dia."

"Tapi sebaliknya bila mental tidak siap akan hilang teknik bermain mereka sebagus apapun. Tapi saya rasa Nando sudah sap bila laga harus sampai adu penalti," tutur Gatot.

Ikuti Update Terbaru Jadwal Piala Asia U-16 2018 dan Perkembangan Timnas Indonesia U-16 di INDOSPORT.

109