Bola Internasional

Suporter Nyalakan Flare di Asian Games 2018, PSSI-nya Vietnam Didenda AFC

Jumat, 12 Oktober 2018 16:25 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Oknum suporter sepak bola menyalakan flare saat pertandingan berlangsung. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Oknum suporter sepak bola menyalakan flare saat pertandingan berlangsung.
INDOSPORT.COM - Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) menjatuhkan denda sebesar 12,500 USD (sekitar Rp190 juta) kepada PSSI-nya Vietnam setelah supprternya menyalakan flare di Asian Games 2018 di Jakarta bulan lalu.

Insiden tersebut terjadi saat kekalahan Vietnam 1-3 dari Korea Selatan di semifinal Asian Games 2018 lalu. Menurut AFC, Vietnam menyalahi aturan disiplin dan etika dan gagal memastikan keselamatan dan keamanan selama pertandingan.

"Bulan depan, Vietnam akan ikut dalam Piala AFF, Piala Asia 2019 dan sejumlah turnamen lainnya. Saya berharap suporter tidak melakukan hal itu karena berdampak ke VFF (PSSI-nya Vietnam) dan Timnas," ujar  Le Hoai Anh, Sekjen VFF sebagaimana dilansir situs berita olahraga Vietnamnews.

Kasus ini bukan yang pertama bagi Vietnam. Sebelumnya AFC menjatuhkan denda sebesar 15,000 USD (sekitar Rp228 juta) karena VFF tidak bisa menghentikan fans menyalakan flare dalam kualifikasi Piala Asia 2019 melawan Kamboja di Stadion Olimpiade Phnom Penh tahun lalu.

Flare adalah piroteknik yang menghasilkan cahaya terang dengan cara dibakar. Awalnya ini digunakan oleh militer, namun akhirnya menjadi benda yang familiar dibawa saat pertandingan sepak bola untuk memeriahkan suasana (sekalipun tak semua sepakat akan hal ini).

Terus Ikuti Perkebangan dan Berita Sepak Bola Internasional Terbaru Hanya di INDOSPORT.COM