Liga Indonesia

Perbandingan Sanksi Komdis PSSI yang Diterima Arema dan Persib, Adilkah?

Jumat, 12 Oktober 2018 05:42 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Abdurrahman Ranala
© Gilabola
Persib Bandung dan Arema Copyright: © Gilabola
Persib Bandung dan Arema

INDOSPORT.COM- Jagat sepak bola Indonesia beberapa waktu belakangan memang sedang dihadapkan dengan permasalahan indisipliner suporter yang terus saja terjadi. Komisi Disiplin PSSI dan segala kebijakannya turut menjadi sorotan.

Teranyar, ulah tidak terpuji suporter terjadi di laga antara Arema FC vs Persebaya Surabaya pada 6 Oktober lalu. Pitch invasion yang dilakukan Aremania, menodai kemenangan 1-0 yang didapat Arema pada pertandingan itu.

Pihak PSSI pun harus mengambil kebijakan tegas untuk menindak aksi indisipliner Aremania tersebut. Melalui Komdis, PSSI lantas menjatuhkan sejumlah sanksi kepada kubu Arema.

Sebelum Arema, ulah tidak terpuji suporter telah lebih dahulu menghiasi laga antara Persib Bandung vs Persija Jakarta pada 23 September lalu. Sesaat sebelum laga dimulai, seorang The Jakmania, Haringga Sirla, tewas dikeroyok oleh beberapa oknum Bobotoh.

Insiden ini bahkan lebih heboh ketimbang yang terjadi pada Arema vs Persebaya. Saking hebohnya, PSSI sampai memberhentikan sementara kompetisi Liga 1 untuk melakukan investigasi.

Sama seperti yang diberlakukan kepada Arema, PSSI juga menjatuhkan sanksi kepada Persib. Maung Bandung dijatuhi beberapa poin hukuman akibat segala pelanggaran yang terjadi kala menjamu Persija.

Meski sama-sama dijatuhi hukuman, sanksi yang didapat Persib dan Arema dari Komdis jelas berbeda. INDOSPORT pun mencoba membandingkannya ke dalam uraian berikut ini.

72