Liga Indonesia

Termasuk Yuli Sumpil, Ini 4 Dirigen Suporter Legendaris di Liga Indonesia

Jumat, 12 Oktober 2018 10:43 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Nama dirigen Aremania Yuli Sumpil beberapa hari ini mejadi sorotan publik sepak bola Indonesia. 

Berawal dari aksinya masuk ke lapangan dan menghampiri pemain lawan di laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, kini pria bernama asli Sugianto itu mendapatkan hukuman tak boleh hadir ke stadion di Indonesia seumur hidupnya dari Komisi Disiplin (komdis) PSSI.

Terlepas dari kasus yang dihadapinya saat ini, sosok Yuli Sumpil sebetulnya merupakan salah satu dari beberapa tokoh suporter yang disegani di Indonesia.

Menjadi dirigen Aremania sejak tahun 1998, Yuli seakan telah telah mengorbankan semua kehidupannya demi sepak bola, khususnya bagi Arema.

Apa yang dilakukan Yuli tersebut, serupa dengan apa yang dilakukan beberapa orang lainnya yang juga telah mengorbankan kehidupannya demi sepak bola dan klub kebanggaannya. Beberapa orang tersebut sama seperti Yuli, juga rela memimpin ribuan suporter lainnya di stadion sebagai dirigen.

Meski tak mendapatkan bayaran apapun, mereka mendapatkan rasa hormat dari suporter lainnya. Tak ayal nama mereka pun kini berstatus legenda di kalangan suporter masing-masing bahkan sampai ke suporter lainnya di sepak bola Indonesia.

Siapa saja mereka, berikut INDOSPORT merangkumkan beberapa di antaranya.

714