Bola Internasional

Pakai Kaos Kaki Ganja, Mantan Kiper Persebaya Terancam Dilarang Bermain 1 Tahun

Kamis, 18 Oktober 2018 17:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mantan kiper Persebaya Surabaya yang juga merupakan kiper Timnas China, Zeng Cheng, terancam menerima larangan bermain untuk waktu yang lama, setelah ketahuan mengenakan kaos kaki Huf bergambar ganja saat pertandingan persahabatan melawan Suriah pada hari Selasa (16/10/18) kemarin.

Cheng membuat murka Asosiasi Sepak Bola China lantaran menggunakan beberapa atribut tak resmi ketika tim mereka memenangkan pertandingan di Nanjing.

Menurut laporan dari berita olahraga asal China, South China Morning Post, sang kiper telihat memakai sepasang kaos kaki “Plantlife” dari Huf “skateboard”, sebuah merek pakaian yang terkenal dengan pola tanaman ganja di lini fesyen mereka. Momen ini juga tidak luput dari perhatian di media sosial.

Bukan hal yang tidak mungkin jika pihak berwenang langsung turun tangan untuk menindak kiper berusia 31 tahun berdasarkan hukuman sebelumnya atas kecerobohan yang sama.

Hukuman pernah dijatuhkan kepada bek Wan Shengcao, dengan ia dilarang bermain selama 12 bulan  setelah memakai kalung selama pertandingan. Lain lagi dengan Zhou Junchen yang diberi larangan 12 bulan karena melewatkan malam malam di kamp pelatihan Thailand.

Dan dengan lima pertandingan tersisa di musim Liga Super China dan tugas internasional bulan depan menjelang Piala Asia pada bulan Januari, Zeng terancam absen jika hukuman dijatuhkan.

Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sendiri juga bisa menjatuhkan hukuman mereka sendiri berdasarkan hukum pertandingan. Pasalnya, mereka menilai wasit tidak langsung menegur Zeng untuk melepas atribut yang tidak sesuai dengan UU 4.

Inggris dan Swedia, termasuk negara yang terkena denda oleh FIFA karena pemain mereka memakai kaus kaki non-slip di Piala Dunia 2018 di Rusia musim panas ini.

Sekedar mengingatkan, Zheng Cheng yang kini memperkuat Guangzhou Evergrande pernah bermain bagi Persebaya Surabaya dengan status pinjaman di musim 2005/06 lalu. Kala itu, Zheng dipercaya oleh skuat Bajul Ijo untuk tampil sebanyak 25 pertandingan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

429