Liga Indonesia

Terkuak, Begini Pengelolaan Uang Hasil Denda yang Didapat PSSI

Sabtu, 20 Oktober 2018 07:34 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sebagai induk sepak bola Indonesia, PSSI tentu bertanggung jawab untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan jagat arena lapangan hijau Tanah Air. Tak terkecuali soal pembuatan peraturan dan penindakan tegas bagi yang melanggarnya.

Ya, selama ini, penikmat sepak bola kerap melihat aksi PSSI lewat Komisi Disiplin, yang menjatuhkan sanksi berupa denda kepada para klub profesional di Indonesia. Para klub dijatuhi sanksi denda lantaran mereka terbukti melakukan melanggar peraturan yang telah ditetapkan PSSI.

Teranyar, bisa dilihat pada dua klub Liga 1, Persib Bandung dan Arema FC. Dari sekian banyak hukuman yang didapat, salah satu poinnya berbunyi tentang sanksi denda uang.

Persib lebih dulu menerima sanksi denda sebesar 100 juta Rupiah dari PSSI. Sanksi itu diberikan menyusul kelalaian panitia pelaksana pertandingan menyusul segala insiden yang terjadi di laga Persib vs Persija pada 23 September 2018 lalu.

Arema pun mendapat sanksi serupa dengan jumlah nominal uang denda yang sama. Bedanya, denda yang diterima menyusul aksi penyalaan flare dan pelemparan botol di laga Arema vs Persebaya pada 6 Oktober 2018 lalu.

Itu hanya dua contoh teranyar, dan PSSI tentu sudah menjatuhkan banyak sanksi denda uang sebelumnya. Lalu, ke mana larinya semua uang denda yang didapat PSSI tersebut?

184