Liga Indonesia

Indra Sjafri Minta Asnawi Tetap Bermain di Posisi Bek Kanan

Senin, 29 Oktober 2018 18:50 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Asnawi Mangkualam mendapat gangguan saat mencoba melewati pemain belakang China Taipei. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Asnawi Mangkualam mendapat gangguan saat mencoba melewati pemain belakang China Taipei.

INDOSPORT.COM – Di tengah gugurnya Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala Asia U-19 2018, ada satu pemain yang mencuri perhatian berkat performa impresifnya. Asnawi Mangkualam Bahar adalah pemain yang mendapat penilaian sangat bagus dari pelatih Indra Sjafri.

Asnawi mendapat pujian dari Indra Sjafri karena dinilai memiliki kemampuan sangat baik di sisi pertahanan Indonesia. Indra Sjafri juga memberi cap fullback terbaik di Indonesia untuk level 19 tahun untuk pemain PSM Makassar itu.

“Saya rasa dia fullback terbaik di Indonesia untuk level 19 tahun,” ujar Indra Sjafri usai timnya gagal melaju ke babak semifinal Piala Asia U-19 di stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Ternyata sebelum berposisi sebagai bek kanan, Asnawi adalah pemain yang bermain di posisi gelandang. Indra Sjafri menggeser Asnawi menjadi bek kanan karena ia menganggap Asnawi adalah pemain yang mudah terpancing pelanggaran, sementara seorang gelandang merupakan posisi yang sering beradu dengan lawan.

“Sementara kalau bermain di bek kanan, Asnawi hanya perlu berpikir tentang bagaimana bertahan dan melakukan halauan dengan waktu yang tepat,” ungkap Indra Sjafri dikutip dari Antara.

Maka dari itu, Indra Sjafri pun berharap agar Asnawi juga diberikan kesempatan bermain di posisi bek kanan saat di level klub.

Indra Sjafri pertama kali menempatkan Asnawi di posisi bek kanan pada saat Timnas Indonesia U-19 melakukan uji coba menghadapi Persis Solo pada Maret 2018.

Kala itu, Asnawi ditugaskan untuk menggantikan Rifad Marasabessy yang mengalami cedera. Tak disangka, Asnawi mampu menampilkan performa apik dan sampai saat ini Indra Sjafri selalu menjadikan Asnawi sebagai pilihan utama di sisi pertahanan Indonesia.

Penulis: Daniel Ramos Putra

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT