Bola Internasional

Tingkatkan Standar, 25 Wasit Malaysia Akan Jalani Pelatihan dari Premier League

Selasa, 30 Oktober 2018 15:29 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Tribunews
Nagor Amir Noor, wasit asal Malaysia Copyright: © Tribunews
Nagor Amir Noor, wasit asal Malaysia

INDOSPORT.COMLiga Sepakbola Malaysia (MFL) telah membentuk badan wasit independen setelah kegagalan mereka di final Piala Malaysia di Stadion Shah Alam pada akhir pekan lalu.

Ketua MFL, Tunku Ismail Sultan Ibrahim menyatakan bahwa proyek itu akan dilaksanakan sebelum dimulainya musim 2019/20, seperti yang dikutip dari laman berita sport Newstrait Times.

“MFL telah memutuskan untuk membentuk badan perwasitan independen untuk meningkatkan standar. Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) juga ikut serta dengan keputusan untuk memulai menjelang musim sepak bola 2019/20,” ujar Sultan Ibrahim.

© Malay Mail
Tunku Ismail Sultan Ibrahim Copyright: Malay MailTunku Ismail Sultan Ibrahim

Ia juga menambahkan bahwa badan perwasitan independen akan terdiri dari warga lokal dan wasit sepak bola dari Jepang, Inggris dan negara-negara lain.

“Para wasit lokal dan asing akan bekerja bahu membahu untuk meningkatkan standar. Rencana juga sedang dipersiapkan untuk melakukan kursus referensi oleh mantan wasit Liga Primer Inggris,” tambahnya.

Tunku Ismail mengatakan mereka juga akan mengirim 25 wasit ke Jepang untuk peningkatan kualitas. Minggu lalu, kepala eksekutif MFL Kevin Ramalingam mengatakan suasana luar biasa dari final Piala Malaysia dirusak oleh keluhan ketidakprofesional wasit.

Wasit Suresh Jayaraman diprotes oleh pemain, pelatih dan penggemar untuk keputusan mengerikannya selama final Piala Malaysia antara klub Terengganu dan Perak. Namun, Kevin menegaskan kembali rencana MFL untuk membentuk badan perwasitan yang independen.

Keputusan ini juga membantu para remaja Malaysia yang ternyata memiliki minat besar untuk menjadi seorang wasit sebagai karier pilihannya di masa depan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.