Bola Internasional

Lionel Messi Ikut Sukseskan Copa America untuk Manusia Kerdil

Sabtu, 3 November 2018 07:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Sun Sport
Pertandingan di Dwarf Copa America 2018 Copyright: © Sun Sport
Pertandingan di Dwarf Copa America 2018

INDOSPORT.COM – Bintang klub sepak bola Barcelona, Lionel Messi, mendukung bergulirnya turnamen Dwarf Copa America yang dikhususnya untuk manusia-manusia kerdil di kawasan Amerika.

Untuk pertama kalinya kompetisi sepak bola di benua Amerika yang dimainkan oleh pemain bertubuh pendek dilangsungkan di Argentina, dan bertajuk 'Dwarf Copa America'. 

Turnamen ini diikuti oleh negara dari kawasan benua Amerika dengan tujuan melawan diskriminasi dan prasangka masyarakat terhadap keadaan fisik mereka yang berbeda dengan orang normal.

Niat ini rupanya menarik hati Lionel Messi untuk ikut membantu mensukseskan turnamen ini dari awal hingga akhir, seperti yang diungkapkan oleh pemain Argentina, Diego Serpentini.

“Saya bisa bertemui Lionel Messi dan dia mengatakan dia mendengarkan hal-hal baik tentang turnamen ini,” Serpentini menurutkan seperti dinukil dari situs berita olahraga, Sun Sport.

“Jika dia mendengar tentang hal itu, artinya turnamen ini akan menghasilkan banyak peminat,” lanjutnya.

Di edisi perdana ini, sejumlah negara-negara di benua Amerika ikut ambil bagian, seperti dari Chile, Kolombia, Amerika Serikat, Kanada, Kanada, Brasil, Paraguay, Peru dan Bolivia. Maroko yang berasal dari benua Afrika juga turut berpartisipasi sebagai undangan khusus.

Turnamen Dwarf Copa America dimainkan oleh 7 pemain dengan gawang yang dirampingkan menjadi tinggi 1,7 meter dan lebar 2 meter. Beda dengan sepak bola yang memiliki ukuran 2,44mx7,32m dengan 11 pemain reguler.

Final turnamen ini dijadwalkan berlangsung pada hari Minggu (04/11/18), ketika negara-negara bersaing mendapatkan trofi pertama mereka.

© Sun Sport
Timnas Argentina pada turnamen Dwarf Copa America 2018 Copyright: Sun SportTimnas Argentina pada turnamen Dwarf Copa America 2018

Facundo Rojas, kapten Argentina, optimisi bahwa turnamen ini bisa menghapuskan diskriminasi terhadao kaum yang memiliki keterbatasan fisik dan menjadi ajang untuk menunjukkan bakat mereka.

“Kami termasuk kelompok yang paling terdiskriminasi di dunia,” kata Rojas.

"Kami berhasil mengubahnya, untuk menunjukkan kemampuan kami, untuk bermain sepak bola, untuk bekerja dan belajar.” lanjutnya.

Sementara itu, bintang Brasil, Oromar Miranda, mengatakan ini mimpi yang menjadi kenyataan karena bisa bermain di turnamen resmi, yang banyak ditonton dan diiringi nyanyian dan musim untuk menghidupkan suasana.

“Selama bertahun-tahun kami bahkan tidak pernah bermimpi kami akan memainkan pertandingan sepak bola resmi suatu hari nanti, jadi itu sangat penting bagi kami,” tuturnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Hanya di INDOSPORT

1.2K