Liga Indonesia

Jika Terbukti Bersalah Soal Pengaturan Skor, Begini Sanksi FIFA yang Mungkin Didapat Persib Bandung

Senin, 19 November 2018 17:01 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
LOGO FIFA. Copyright: © INDOSPORT
LOGO FIFA.
Bunyi Peraturan FIFA

Pengaturan skor dalam pertandingan sepak bola memang menjadi dua hal yang sangat bertentangan dengan prinsip sportifitas. Federasi sepak bola dunia, FIFA bahkan sudah dengan tegas melarang praktek itu terjadi.

Seperti yang tertera pada situs resmi FIFA, bahwa pihaknya akan bertindak tegas terhadap kasus pengaturan skor. FIFA tidak memiliki toleransi sama sekali kepada bentuk kecurangan macam itu.

"FIFA tidak akan memiliki toleransi sama sekali terhadap kasus manipulasi pertandingan," bunyi sebuah kalimat dalam artikel berjudul "What is FIFA doing to stop match-fixing?" di situs resmi FIFA.

FIFA bahkan telah memiliki pasal tersendiri untuk menjerat pelaku-pelaku yang terlibat dalam pengaturan skor. Sanksi-sanksinya pun terbilang cukuplah berat demi membuat sang pelaku jera.

Situs resmi organisasi kepolisian internasional, Interpol, telah merilis daftar hukuman yang bisa diberikan FIFA kepada para pelaku pengaturan skor. Begitu pun bila dari pihak Persib ada yang terbukti melakukannya, hukuman FIFA juga mungkin akan menjerat.

FIFA akan menjatuhi hukuman kepada siapapun yang terbukti melakukan tindak pengaturan skor dengan denda minimal 15 ribu Franc Swiss (CFH) atau setara 200 juta Rupiah, serta sanksi skorsing. Bila dianggap terlalu parah, pelaku bisa dikenai sanksi denda yang lebih berat, dan skorsing seumur hidup.

Jika yang menjadi pelaku terbukti berasal dari sebuah tim, hukumannya bisa tambah berat. Pihak klub bisa dikenai sanksi diskualifikasi, degradasi, pengurangan poin, atau dicabutnya gelar juara yang pernah diraih.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
25%
IDS Emoticon Marah
Marah
75%