Bola Internasional

3 Pertandingan Sepak Bola yang Terbukti Terlibat Pengaturan Skor

Selasa, 20 November 2018 10:42 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:
Malaysia vs Timor Leste

Skandal pengaturan skor juga terjadi di kawasan Asia Tenggara, tepatnya di ajang SEA Games 2015 lalu di Singapura, cabang olahraga sepak bola antara Malaysia vs Timor Leste.

Laga tersebut berakhir untuk kemenangan Malaysia dengan skor 1-0. Pasca pertandingan, sebuah fakta mencengangkan muncul yang menyebut pertandingan tersebut terbukti sudah dimanipulasi.

Kejanggalan terjadi karena pemain Timor Leste tampil tidak semangat, padahal mereka mempunya kesempatan untuk memenangkan pertandingan, setelah salah satu pemain Malaysia mendapat kartu merah dan terpaksa bermain dengan 10 orang.

AFC kemudian melakukan investigasi dan menyatakan terbukti adanya match fixing. Manajer Timor Leste saat itu, Orlando Marques sebagai orang yang bersalah, karena diketahui sebelum laga dirinya menerima suap dari bandar judi sebera $11.000 AS atau sekitar Rp160 juta (kurs rupiah Selasa (20/11/18).

Atas tindakan serakahnya itu pun Orlando Marques kemudian dihukum seumur hidup dilarang beraktivitas di dunia sepak bola.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%