Bola Internasional

3 Pertandingan Sepak Bola yang Terbukti Terlibat Pengaturan Skor

Selasa, 20 November 2018 10:42 WIB
Editor: Juni Adi
© Getty Images
Tendangan salto Juan Mata ke gawang Liverpool, tapi gagal. Copyright: © Getty Images
Tendangan salto Juan Mata ke gawang Liverpool, tapi gagal.
Manchester United vs Liverpool

Jauh sebelum era modern dan maju seperti sekarang ini, kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris ternyata pernah mengalami masa kelam yakni terbongkarnya kasus pengaturan skor.

Skandal tersebut terjadi di laga Manchester United vs Liverpool, pada tahun 1915 silam dalam kompetisi Football League First Division atau setara Premier League saat ini.

Tepat pada 2 April, duel rivalitas yang berlangsung di Stadion Old Trafford itu diprediksi banyak pihak akan berlangsung menarik dan sengit. 

Apalagi tuan rumah tengah berjuang untuk lolos dari zona degradasi, sementara Livepool yang berada di papan tengah termotivasi untuk memperbaiki posisinya.

Laga tersebut berkesudahan 2-0 untuk kemenangan Manchester United. Namun, hasil itu rupanya berbuntut panjang karena dinilai banyak kejanggalan yang terjadi.

Pertama, para pemain Liverpool bermain sangat loyo dan ogah-ogahan. Itu terbukti dari kegagalan salah satu pemain mereka mengeksekusi tendangan penalti.

Kedua, reaksi para pemain The Reds yang memprotes salah satu rekannya bernama Fred Pagnam nyaris mencetak gol, setelah bola hasil tendangannya membentur mistar gawang.

Jelas sebuah hal janggal ketika ada pemain yang tak ingin rekan satu timnya membobol gawang lawan. Pasca pertandingan, lalu muncul sebuah berita kalau laga tersebut sudah diatur oleh perusahaan judi.

Football Asociation (FA) atau Federasi Sepakbola Inggris kemudian melakukan penyelidikan, hasilnya mereka menemukan ada tujuh pemain dari kedua tim yang terbukti menerima suap dan terlibat pengaturan skor dengan perusahaan judi.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%