Bola Internasional

Bukan GBLA atau GBK! Stadion Ini Disebut Tempat Paling Kejam di Dunia

Selasa, 20 November 2018 09:12 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Diario Popular
La Bombonera, markas Boca Junior Copyright: © Diario Popular
La Bombonera, markas Boca Junior

INDOSPORT.COM – Sepak bola memiliki cerita masing-masing disetiap pertandingannya. Ada yang menganggap setiap laga yang digelar adalah sebuah kebahagiaan tersendiri bagi pecinta olahraga ini.

Namun tak semuanya berpendapat demikian, sebagian orang menilai beberapa klub beserta ultras dan stadionnya adalah sebuah ‘neraka’, karena menjadi tempat yang paling menakutkan.

Salah satunya adalah stadion La Bombonera yang merupakan rumah bagi tim sepak bola di Argentina, Boca Juniors, yang telah dinominasikan sebagai tempat paling menakutkan di dunia sepak bola baik untuk menonton atau untuk berlaga.

Menurut laporan dan hasil survey dari media olahraga BBC, Boca Junior memang terkenal kerap menjalani laga dengan ‘keras’ karena rasa fanatik dan rivalitas yang tinggi.

Terlebih jika melakukan laga kandang menghadapi River Plate, yang merupakan musuh bebuyutan mereka, seolah stadion adalah neraka bagi mereka yang mengunjungi laga tersebut.

Rajko Mitic kandang bagi Red Star Belgrade berada di urutan kedua, serta stadion Hernando Siles di La Paz yang merupaka rumah untuk tim Bolivia berada diurutan ketiga, tempat yang terkenal memberikan masalah bagi pemain dan penggemar.

The Turk Telekom Arena (Istanbul) adalah stadion klub Galatasaray, San Paolo milik Napoli, De Kuip di Rotterdam, rumah bagi Feyenoord dan Mestalla yang merupakan kandang bagi Valencia masuk dalam tujuh besar daftar stadion paling menakutkan di dunia.

Semua stadion tersebut dinilai berdasarkan tingkat kejahatan serta kekerasa yang terjadi baik sebelum maupun pasca pertandingan sepak bola, di mana hampir semuanya berakhir dengan kericuhan.

Anehnya, dalam daftar tersebut tidak ada ditulis Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Gelora Bung Karno di Indonesia, yang bisa dibilang kerap menggelar laga penuh emosi antar suporter.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

396