Bola Internasional

Negara Kecil Seluas Provinsi Banten Berpeluang Lolos Kualifikasi Euro 2020

Rabu, 21 November 2018 18:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© FFK Kosova
Skuat Timnas kosovo Copyright: © FFK Kosova
Skuat Timnas kosovo

INDOSPORT.COM – Timnas Kosovo memastikan diri untuk mengamankan tempat play-off di kualifikasi Euro 2020 sejak diakui oleh federasi sepak bola Eropa UEFA pada 2016 lalu.

Negara republik kecil di kawasan Balkan ini mengalahkan Azerbaijan 4-0 di Pristina pada, Rabu (21/11/18) dini hari WIB, untuk mengakhiri penampilannya di UEFA Nations League dan mengamankan tempat play-off untuk kualifikasi Euro 2020.

Kemenangan ini dipetik menyusul dua bulan sejak Kosovo mengalahkan Kepulauan Faeroe 2-0 dalam turnamen kompetitif pertama mereka sejak diterima menjadi bagian dari keluarga UEFA dan FIFA pada 2016, seperti dilansir  dari situs berita olahraga, Sportskeeda.

Dengan modal kemenangan di dua pertandingan Liga D tersebut, Kosovo meraih 14 poin dari enam pertandingan, lima poin di atas Azerbaijan yang menduduki posisi kedua. Kini mereka tinggal mengakhiri babak penyisihan Grup 3 dengan laga imbang agar bisa menjadi pemuncak dan menjamin tiket play-off.

Lolos ke Euro 2020 bakal menjadi kesuksesan terbesar mereka di bidang olahraga sejak memerdekakan diri dari Serbia pada 2008, dari yang sebelumnya merupakan sebuah kota kecil.

Pasalnya, kompetisi ini akan menguatkan status Kosovo saat mereka bermain di kota-kota di seluruh Eropa, termasuk di beberapa negara yang belum mengakui kemerdekaan mereka.

Sekadar informasi, dengan luas negara hanya sekitar 10.908 kilometer persegi, luas Kosovo hampir didekati salah satu provinsi di Indonesia yakni Banten, yang memilki luas area sekitar 9.663 kilometer persegi.

Di sisi lain di Liga A, Portugal mengakhiri babak penyisihan grup usai hasil imbang 1-1 melawan Polandia yang tersingkir, sedangkan Swedia mendapat promosi di Liga B dengan mengalahkan Rusia 2-0.

Skotlandia pindah dari Liga C dengan mengalahkan Israel, dan Serbia menang 4-1 atas Lithunia yang tersingkir. Semua pemenang grup di empat liga akan dipastikan tempat di play-off untuk Euro 2020.

Play-off Euro 2020 sendiri akan dilumlai pada 21 Maret 2019. Berikut pembagian pot kualifikasi, sesuai pemeringkatan hasil akhir babak grup UEFA Nations League:

Pot 1
Belgia, Kroasia, Inggris, Prancis, Belanda, Italia, Portugal, Spanyol, Swiss, Polandia

Pot 2
Jerman, Islandia, Bosnia-Herzegovina, Ukraina, Denmark, Rusia, Austria, Wales, Republik Ceko, Swedia

Pot 3
Slowakia, Turki, Republik Irlandia, Irlandia Utara, Norwegia, Serbia, Finlandia, Skotlandia, Bulgaria, Israel

Pot 4
Albania, Siprus, Estonia, Georgia, Yunani, Lithuania, Montenegro, Slovenia, Hungaria, Rumania

Pot 5
Armenia, Azerbaijan, Belarus, Giibraltar, Kazakstan, Kosovo, Luksemburg, Makedonia, Moldova, Kepulauan Faroe

Pot 6
Andorra, Latvia, Liechtenstein, San Marino, Malta.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT