Bola Internasional

Berseteru di Piala AFF, Park Hang Seo Minta Pelatih Myanmar 'Ngaca'

Jumat, 23 November 2018 18:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© thethaovanhoa.vn
Park Hang-seo, Pelatih Timnas Vietnam asal Kora Selatan. Copyright: © thethaovanhoa.vn
Park Hang-seo, Pelatih Timnas Vietnam asal Kora Selatan.

INDOSPORT.COM – Perseteruan antara pelatih Timnas sepak bola Vietnam Park Hang Seo, dan pelatih Myanmar Anthony Hey pasca bentrokan kedua kubu di kejuaraan sepak bola Piala AFF 2018 berbuntut panjang, dengan mereka saling sindir secara terbuka.

Kedua pelatih tersebut kedapatan tidak mau berjabat tangan pasca pertandingan imbang 1-1 antar kedua kubu pada laga lanjutan babak penyisihan Grup A pada hari Selasa (20/11/18).

Pelatih Myanmar, kemudian menyuarakan uneg-unegnya melalui akun media sosialnya dengan menyebut bahwa Park Hang Seo 'bersikap memalukan dan tidak profesional' sehingga menimbulkan kontroversi besar.

Park Hang Seo, pada konferensi pers pra pertandingan melawan Kamboja pun mencoba membalas tuduhan Hey yang menurutnya justru memperburuk citra sepak bola dan turnamen.

“Saya tahu pelatih Myanmar (Anthony Hey) menulis di jejaring sosial, saya menghargainya dan berterima kasih kepadanya karena telah memberi saya saran,” kata Hang Seo dilansir Vietnam Express.

“Tetapi sebelum mengkritik atau menasihati seseorang, saya rasa kita perlu melihat diri kita sendiri, melihat apa  yang kita lakukan dan berperilaku,” ia melanjutkan.

© Foxsport
Dua pelatih kedua kubu menolak jabat tangan usai laga Piala AFF 2018 Copyright: FoxsportDua pelatih kedua kubu menolak jabat tangan usai laga Piala AFF 2018

Perseteruan mereka terjadi menyusul adanya ketidaksepakatan ketika dua pemain mereka bentrok di tengah pertandingan

Pemain Vietnam Nguyen Cong Phuong bertubrukan dengan Aung Thu dari Myanmar, namun Antoine Hey memprotes wasit untuk memberi kartu. Sementara Park tidak setuju dan maju untuk membela pemainnya.

“Jika Anda melihatnya lebih dekat pada hari itu, orang akan melihat para pemain bertabrakan, pelatih Myanmar mengatakan sesuatu kepada pemain saya, saya melihatnya sebagai citra buruk dalam sepak bola, dan saya protes, ‘Mengapa Anda berbicara dengan para pemain saya’. Jika Anda mau bicaralah dengan saya!”

Meski demikian Park Hang Seo tidak ingin memperpanjang masalah ini, “Ini terakhir kali saya berbicara tentang ini, semoga pelatih Myanmar bercermin agar dia bisa mengajadi orang lain kepatuhan dalam sepak bola.”

Pertandingan tanpa gol itu membuat Myanmar dan Vietnam tertahan di puncak Grup A dengan sama-sama mengantongi 7 poin, selain belum ada tim yang dipastikan lolos ke babak berikutnya.

Vietnam akan melanjutkan laga melawan Kamboja, sementara Myanmar menghadapi Malaysia pada hari yang sama, Sabtu (24/11/18).

Terus Ikuti Berita Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT

140