Bola Internasional

Kegagalan Timnas, Politisasi Sepak Bola, Hingga Kekerasan Suporter Indonesia Disorot Australia

Sabtu, 24 November 2018 13:24 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Suporter Indonesia di Piala AFF 2018 masih terlihat sepi. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Suporter Indonesia di Piala AFF 2018 masih terlihat sepi.

INDOSPORT.COM - Masalah sepak bola yang belakangan ini terjadi di Indonesia mau tak mau membuat sorotan datang dari berbagai pihak. Tak terkecuali dari dunia internasional.

Salah satunya, baru-baru ini sorotan ke sepak bola Indonesia datang dari negara tetangga, Australia. Dimuat dalam halaman website University of Melbourne yang membahas seputar Indonesia, sebuah tulisan oleh Andy Fuller menyorti beberapa hal yang belakangan ini terjadi di sepak bola Tanah Air.

Paling awal dalam tulisannya, pria yang selama ini mengeluti penelitian seputar kultur dan sepak bola di Indonesia itu menyoroti kegagalan Timnas Indonesia ambil bagian di Piala Asia 2019 yang akan berlangsung di Uni Emirtaes Arab (UEA) awal tahun nanti.

Menurutnya, kegagalan Timnas Indonesia melaju ke Piala Asia 2019 tak lepas dari masalah abadi yang menimpa liga sepak bola Indonesia. Mulai dari campur tangan politik dalam menjalankan Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI), masalah finansial dan profesional klub yang tidak layak, masalah kontrak pemain, wasit korup, pengaturan pertandingan, dan juga kekerasan yang tak berkesudahan antara suporter sepak bola di Indonesia.