Bola Internasional

3 Sosok Ini Jadi Bukti Piala AFF 2018 Tak Ramah untuk Pelatih Kurang Pengalaman

Senin, 26 November 2018 17:18 WIB
Editor: Juni Adi
© www.affsuzukicup.com
Bima Sakti tampak lesu usai Timnas ditaklukan Thailand dengan skor 4-2 Copyright: © www.affsuzukicup.com
Bima Sakti tampak lesu usai Timnas ditaklukan Thailand dengan skor 4-2

INDOSPORT.COM - Turnamen sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara, Piala AFF 2018 rupanya masih belum ramah untuk tiga sosok pelatih tak berpengalaman yakni Bima Sakti, Keisuke Honda dan Fandi Ahmad.

Menggantikan peran Luis Milla sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia, Bima Sakti gagal memenuhi harapan publik Indonesia yang ingin melihat tim nasionalnya berjaya di ajang dua tahunan itu.

Sebelumnya, kemampuan pria asal Balikpapan itu sempat diragukan banyak pihak lantaran minimnya jam terbang Bima Sakti sebagai pelatih. 

Benar saja, dipimpinnya Timnas Indonesia hanya mampu mengakhiri turnamen di peringkat keempat, dalam klasemen akhir Grup B, dengan koleksi empat poin hasil dari satu kali menang, satu kali imbang dan dua kali kalah.

Hasil tersebut belum cukup membawa Skuat Garuda lolos ke semifinal. Kemudian ada nama Keisuke Honda yang gagal membawa Kamboja melangkah lebih jauh di Piala AFF 2018.

Tergabung di Grup A, Kamboja mengakhir turnamen di peringkat keempat dengan koleksi tiga poin hasil dari satu kali menang, dari empat pertandingan. 

Penunjukan Honda sebagai pelatih oleh federasi sepak bola Kamboja (FFC), juga mendapat banyak sorotan. Sebab, Honda belum mempunyai pengalaman melatih baik di level klub maupun tim nasional. Dirinya juga masih aktif bermain untuk klub asal Australia, Melbourne Victory.

105