Bola Internasional

Serukan Kampanye FA, Ini yang Dilakukan Southgate untuk Perkembangan Pemain Muda

Senin, 3 Desember 2018 14:59 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Gareth Southgate. Copyright: © Getty Images
Gareth Southgate.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas sepak bola Inggris, Gareth Southgate, telah mendesak para orang tua dan pelatih untuk mendukung kampanye Football Association (FA).

Southgate adalah penyumbang yang paling berpengaruh pada buku panduan 'We Only Do Positive', yang telah diluncurkan FA untuk memperbaiki perilaku pemain di lapangan.

Kampanye ini dijalankan karena dalam beberapa terakhir dilaporkan telah terjadi peningkatan perilaku buruk pada pemain profesional.

Perilaku buruk itu terutama mengenai rasa hormat yang ditunjukkan kepada wasit, selaku pemimpin pertandingan.

Maka dari itu Southgate telah memberitahu para orang tua untuk berhenti berteriak memarahi para pemain muda.

Sejalan dari kampanye itu, penelitian FA telah menunjukkan bahwa 90 persen dari pemain muda mampu tampil lebih baik dengan dorongan positif.

Hal ini lah yang menjadi inti dari kampanye yang dilakukan FA dan bertujuan untuj mendidik orang tua, pelatih, dan pemain dengan kode etik.

Kode etik yang diabadikan dalam buku panduan We Only Do Positive menitik beratkan pada lima prinsip positif Southgate tentang pelatihan.

Kelimanya itu berisi Ciptakan lingkungan yang tepat, pimpin dengan contoh positif, pahami pemain, bangun tim positif di lingkungan sekitar, dan tanamkan sikap'apapun yang mungkin'.

“Saya sangat mendukung kampanye FA 'We Only Do Positive' karena saya sangat percaya bahwa dorongan positif sangat penting bagi perkembangan anak muda. Sebagai pelatih, tugas kami adalah membantu memberi kepercayaan kepada orang muda, hal yang sama berlaku juga untuk para orang tua," pungkas Southgate dikutip dari The Week.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak Bola Internasional dan Berita Olahraga lainnya Hanya di INDOSPORT.COM