Bola Internasional

Pele Kritik Lionel Messi, Legenda Timnas Inggris Protes

Sabtu, 8 Desember 2018 07:03 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Lionel Messi tampak lesu usai Barcelona kebobolan terlebih dahulu oleh Valencia dalam ajang La Liga Spanyol, Senin (08/10/18). Copyright: © Getty Images
Lionel Messi tampak lesu usai Barcelona kebobolan terlebih dahulu oleh Valencia dalam ajang La Liga Spanyol, Senin (08/10/18).

INDOSPORT.COM - Berdasarkan hasil Ballon d’Or 2018, Lionel Messi masuk daftar lima pemain terbaik di dunia. Itu artinya, kapten dan pelatih timnas serta beberapa jurnalis terpilih dari berbagai negara mengakui kapabilitasnya dalam sepak bola.

Namun, beberapa orang tampaknya sulit untuk diyakinkan bahwa Messi tidak lebih baik dari Luka Modric, Cristiano Ronaldo, Antoine Griezmann, dan Kylian Mbappe. Posisi Messi tergeser karena dia tidak tampil di babak terakhir Liga Champions dan Piala Dunia.

Tampaknya, prestasi indivudualnya, termasuk memenangi sepatu emas Eropa kelima kalinya dan memberi assist terbanyak di La Liga Spanyol, tidak diperhitungkan.

Namun, legenda Brasil Pele menyebutkan bahwa mungkin kita menilai Messi terlalu tinggi. Dalam wawancaranya dengan Folha de Sao Paulo, Pele mengatakan bahwa Messi yang sekarang tidaklah sebaik yang dulu.

“Bagaimana mungkin Anda membandingkan seorang pria yang menyundul bola dengan baik, bisa menendang dengan kaki kiri, bisa menendang dengan kaki kanan, dengan pria lain yang hanya bisa menendang dengan satu kaki, hanya punya satu keahlian, dan tidak bisa menyundul bola dengan baik?” kata Pele yang di usia belia membawa Brasil juara Piala Jules Rimet (sebelum jadi Piala Dunia FIFA) pada 1958 untuk pertama kalinya sebagaimana dilansir Give Me Sport.

Pendapat Pele memang selalu memantik reaksi banyak pihak. Kali ini, pandit sekaligus legenda Inggris Gary Lineker pun bereaksi. Lineker menulis dalam akun Twitternya, “Jika ini adalah cara Anda menilai pemain maka hal yang sama akan berlaku untuk Maradona. Mengucapkan omong kosong.”

Sudah bukan rahasia lagi jika Messi memang lebih menyukai kaki kirinya. Namun, rupanya Pele harus kembali mengingat momen Piala Dunia ketika pemain Argentina ini untuk membobol gawang Nigeria dengan kaki kanannya.

Dan dalam final melawan Manchester United di Liga Champion 2009, pemain Barcelona itu juga berhasil membobol gawang Van der Sar dengan sundulannya.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Internasional Hanya di INDOSPORT.COM

234