Bola Internasional

Usai Piala AFF 2018, Apa Rencana Sven-Goran dan Filipina?

Sabtu, 8 Desember 2018 13:22 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sven-Goran Eriksson, pelatih Timnas Filipina. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sven-Goran Eriksson, pelatih Timnas Filipina.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab (UAE) tinggal hitungan beberapa minggu lagi dan ada tiga negara Asia Tenggara yang bersaing menjadi yang terbaik, yakni Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Filipina bukanlah negara yang terlalu diperhitungkan sepak bolanya di level Asia Tenggara. Namun, mereka bangkit setelah mencapai empat besar Piala AFF 2018.

Di ajang Piala AFF 2018, mereka sudah mencapai empat usai menjadi runner up Grup B, menyingkirkan Timnas Indonesia. 

Bagi pelatih Sven Goran-Eriksson, tak ada alasan untuk tidak optimistis di Piala Asia 2019 yang akan berlangsung awal Januari sekalipun persaingan jelas lebih ketat.

"Targetnya cuma satu, melaju terus dan lebih jauh lagi. Memang tidak mudah, namun semua tergantung apa yang terjadi," ujar eks pelatih Timnas Inggris ini sebagaimana dilansir situs resmi AFC.

Filipina berada di grup keras bersama raksasa Asia Korea Selatan, lalu Kirgizstan, dan China di Grup C. Sebagai debutan di turnamen besar semacam Piala Asia ini, Eriksson juga mencoba untuk realistis.

Berbicara mengenai kekuatan lawan, Eriksson mengaku belum tahu tentang kekuatan Kirgistan. Tetapi soal China, eks pelatih Lazio cukup familiar karena pernah melatih sebuah klub di Negeri Panda itu.

"China saya tahu mereka. Ada naik turun dan saya pikir mereka berharap lebih di turnamen ini, saya tidak tahu. Saya belum bicara dengan Marcelo Lippi (pelatih timnas China) lagi," ujar pelatih asal Swedia ini.

Sekadar informasi, Filipina sendiri gagal menembus partai final Piala AFF 2018. Dalam laga dua leg melawan Vietnam, pasukan Sven-Goran kalah dengan agregat 2-4.

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Berita Sepak Bola Indonesia Hanya di INDOSPORT.COM