Liga Indonesia

Jakmania Membludak di GBK, Kepolisian tambah Personel Dua Kali Lipat Lebih

Minggu, 9 Desember 2018 14:29 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Antrean suporter Persija untuk masuk ke Stadion GBK jelang laga Persija Jakarta vs Mitra Kukar. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Antrean suporter Persija untuk masuk ke Stadion GBK jelang laga Persija Jakarta vs Mitra Kukar.

INDOSPORT.COM - Setelah sebelumnnya menyebut akan menyiapkan tiga ribu personel gabungan, Polda Metro Jaya akhirnnya menambah pasukannya lebih dari dua kali lipat untuk mengamankan laga terakhir Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia 2018 antara Persija Jakarta vs Mitra Kukar, Minggu (09/12/18).

"Jumlah pengamanan sekitar 7.000-an personel gabungan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, seperti dilansir Antara.

Penambahan personel Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu dilakukan karena melihat antusisme suporter klub sepak bola Persija Jakarta, Jakmania yang diperkirakan akan membludak di area sekitar Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta Pusat.

"Pasti penonton membludak jadi kita tambah personel," ujar Argo memberikan alasan.

Nantinnya, tujuh ribu personel gabungan tersebut akan dibagi dalam empat ring pengamanan, termasuk juga dilibatkan dalam rekayasa pengaturan arus lalu lintas kendaraan yang melewati GBK.

Selain mengumumkan penambahan jumlah personel, Argo dalam keterangannya juga memberikan himbauan kepada The Jakmania yang akan hadir ke GBK untuk bisa menunjukan kualitas mereka sebagai suporter sepak bola yang memiliki etika tinggi.

Dikatakan Argo, Jakmania harus bisa menjadi contoh seluruh pencinta sepak bola di daerah lain, dengan memberikan tauladan memberikan dukungan dan motivasi bagi tim kesayangannya, tanpa melakukan kegiatan yang dilarang.

"Misalnya membawa sanjata tajam, merusak fasilitas umum, jangan euforia berlebihan dan kalau kalah juga jangan melakukan kegiatan yang tidak diperbolehkan oleh aturan. Kita semuanya harus lakukan kegiatan ini dengan sportivitas tinggi," tegas Argo.

Sekadar informasi, animo tinggi Jakmania untuk menonton langsung laga Persija Jakarta vs Mitra Kukar memang patut dimaklumi. Pasalnya, apabila meraih kemenangan di laga ini, Persija Jakarta berhak ditasbihkan sebagai jawara Liga 1 2018.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM