Liga Indonesia

Menilik Kiprah 3 Pemain Termahal 'Asli' Indonesia di Liga 1 2018

Sabtu, 15 Desember 2018 20:48 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© liga-indonesia.id
Logo Liga 1 2018. Copyright: © liga-indonesia.id
Logo Liga 1 2018.

INDOSPORT.COM- Kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018, baru saja berakhir. Pada musim ini, Persija Jakarta berhasil menjadi kampiun, setelah terakhir kali mampu menggondol trofi tersebut 17 tahun yang lalu.

Keberhasilan Macan Kemayoran tentu saja mengejutkan banyak pihak, mengingat tim asuhan Stefano Cugurra Teco ini baru mendominasi setelah Liga 1 2018 mendekati puncaknya. Ya, sebelumnya terdapat dua tim yang digadang-gadang akan menjadi juara di musim ini, yakni Persib Bandung dan PSM Makassar.

Walau begitu, Persija Jakarta sejatinya memang layak menjadi kampiun Liga 1 2018, bila melihat komposisi pemain-pemainnya. Kekuatan yang dimiliki oleh Macan Kemayoran, dinilai merata di setiap lininya. Sebut saja sosok Jaimerson da Silva yang berhasil menjadi tembok kokoh di barisan pertahanan Macan Kemayoran pada musim ini. 

Begitu pula dengan kehadiran Marko Simic yang benar-benar melebihi ekspetasi banyak orang melalui gol-golnya. Keduanya benar-benar membayar kepercayaan Persija Jakarta  yang telah mengeluarkan pundi-pundi tak sedikit untuk mendatangkan keduanya.

Terlebih lagi untuk Jaime, yang mengharuskan Persija merogoh kocek sebesar 495 ribu euro atau sekitar Rp8 milliar untuk mendatangkannya.

Bila berbicara uang dan pemain, tentu saja jangan lupakan para pemain-pemain 'asli' Indonesia yang ternyata memiliki nilai transfer yang cukup mahal pada musim ini. Dalam artian 'asli', merupakan pemain yang benar-benar tulen dari Tanah Air, bukan naturalisasi, layaknya Ilija Spasojevic.

Bila menilik lebih dalam lagi, bagaimana kiprah pemain-pemain termahal 'asli' Indonesia sepanjang musim ini? Untuk mengetahui jawabannya, berikut portal berita olahraga INDOSPORT sendiri telah merangkumnya menjadi tiga pemain. Berikut penjabarannya:

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%