Bola Internasional

Siapa Pencetak Gol Terbanyak Piala AFF 2018?

Minggu, 16 Desember 2018 15:01 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Selebrasi Pemain Vietnam, Nguyen Anh Duc saat mencetak gol ke gawang Malaysia. Copyright: © Getty Images
Selebrasi Pemain Vietnam, Nguyen Anh Duc saat mencetak gol ke gawang Malaysia.

INDOSPORT.COM- Timnas Vietnam untuk kedua kalinya, berhasil merengkuh trofi Piala AFF, setelah mengandaskan perlawanan Timnas Malaysia di leg kedua final turnamen sepak bola Piala AFF 2018 , Sabtu (15/12/18).

Bertanding di hadapan para pendukungnya sendiri, Vietnam meraih kemenangan tipis 1-0 setlah Nguyen Anh Duc mencetak gol di awal-awal pertandingan. Hasil ini pun membuat Vietnam unggul agregat 3-2 dari Malaysia.

Bagi tim sepak bola berjuluk The Golden Star itu, kesuksesan ini mengulangi keberhasilan mereka yang terjadi 10 tahun silam, kala mereka untuk pertama kalinya menjuarai kompetisi bergengsi Asia Tenggara ini.

Di sisi lain, untuk sang pencetak gol penentu, Nguyen Anh Duc, golnya dalam leg kedua Final AFF 2018 merupakan kebanggaan tersendiri, mengingat usianya kini telah menginjak masa senja, dan berpeluang besar tidak akan berpartisipasi dalam edisi berikutnya.

Sayang, sumbangsih satu golnya di leg kedua Final AFF 2018, tak mampu membawa Nguyen mengikuti jejak manis sebagai pencetak gol terbanyak. Ya, torehan empat golnya hanya mampu membawa pemain berusia 33 tahun ini menempati peringkat ke tiga. 

Nguyen masih kalah jauh dari penyerang Malaysia, Norshahrul Idlan yang berhasil mencetak lima gol dan Adisak Kraisorn dari Thailand yang berhasil mengakhiri Piala AFF 2018 sebagai pencetak gol terbanyak dengan delapan gol. Walau begitu, Adisak sejatinya gagal membawa Thailand meraih gelar juara.