Liga Inggris

Punya Statistik Mencengangkan, Man United Bakal Menyesal Pecat Mourinho?

Rabu, 19 Desember 2018 07:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Jose Mourinho resmi mundur dari kepelatihan Copyright: © INDOSPORT
Jose Mourinho resmi mundur dari kepelatihan

INDOSPORT.COM  - Pemecatan Jose Mourinho dari kursi kepelatihan Manchester United pada hari Selasa (18/12/18) memang sudah diprediksikan sebelumnya. Meskipun pemecatan itu sudah banyak diperkirakan, namun nyatanya Mourinho memiliki statistik mencengangkan dan bisa saja suatu saat Manchester United menyesal karena telah memecatnya.

Keputusan pemecatan diambil usai Setan Merah kalah 3-1 dari Liverpool pada pekan ke-17 Premier League di tangan Liverpool akhir pekan lalu.

Di musim ketiga Mourinho ini , Manchester United terpuruk di posisi ke-6 dengan 26 poin, dan tertinggal jauh 19 angka dari pemuncak klasemen, Liverpool dan 8 poin dari pesaing terdekat Arsenal.

Meskipun demikian, Mourinho masih memiliki catatan baik yang bisa dibanggakan ketika ia resmi angkat kaki dari Old Trafford. Catatan ini berkaitan dengan proesentase kemenangan dibandingkan dengan sejumlah manajer sebelumnya.

Seperti dirilis oleh media berita sport di akun Twitternya, Mourinho menempati urutan kedua dalam sejarah manajer Setan Merah yang memiliki kemenangan tinggi dengan 58 persen.

Catatan ini memang tidak bisa dibandingkan dengan Sir Alex Ferguson yang menempati urutan pertama dengan 59 persen dengan kemenangan dari periode kepelatihannya yang hampir 3 dekade .

Namun, Mourinho lebih baik dari Louis Van Gaal yang mengantongi 50 persen kemenangan untuk periode yang hampir sama antara 2014-2016. Lalu ada Ron Atkinson dalam periode empat tahun antara 1981-1986 dengan 50% persen kemenangan.

Meski dipecat, Mourinho tidak pergi dari Old Trafford dengan tangan kosong. Pasalnya, ia mendapatkan kompensasi dari pemecatannya sebesar Rp440 miliar dari manajemen Manchester United.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT