Liga Inggris

Ini Bukti Boxing Day 'Dalang' Kemandulan Timnas Inggris?

Selasa, 25 Desember 2018 13:16 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
© Indosport.com
Timnas Inggris tertunduk lesu usai dikalahkan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018. Copyright: © Indosport.com
Timnas Inggris tertunduk lesu usai dikalahkan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.COM - Boxing Day bisa jadi menjadi hari yang juga ditunggu oleh warga pecinta sepak bola di Inggris, tapi tampaknya tidak untuk para pemain maupun pelatih klub. 

Di satu sisi, Boxing Day ternyata membawa tekanan tersendiri para penggawa klub di Inggris. Baik secara psikologis dan juga fisik. 

Bagaimana tidak, para pemain dan pelatih yang seharusnya bisa menikmati hari Natal bersama keluarga, sekaligus beristirahat, justru mereka gunakan untuk melakukan pertandingan. 

Boxing Day telah menjadi tradisi di Inggris, hal itu yang membuat jadwal sepak bola mereka sedikit berbeda dengan negara Eropa lainnya. Karena pada umumnya, negara-negara Eropa lainnya menghentikan kompetisi, dan Inggris justru tak melakukannya. 

Eks manager Manchester United, Louis van Gaal menjadi salah satu orang yang paling mengkritik keberadaan pertandingan pada Boxing Day. 

"Tidak ada jeda musim dingin dan saya pikir itu adalah yang paling jahat dalam budaya ini. Tidak bagus untuk sepak bola Inggris," katanya dikutip Guardian. 

Van Gaal mengatakan bahwa Boxing Day merugikan klub dan juga Timnas Inggris. Ia menilai Boxing Day menjadi alasan dari sederet kegagalan Timnas negara tersebut. 

"Inggris belum pernah memenangkan apapun dalam beberapa tahun ini kan? Itu karena para pemain kelelahan di akhir musim," ujar Van Gaal. Dan ternyata hal itu tak hanya dirasakan oleh sepak bola Inggris, namun juga Liga Primer Skotlandia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT