Liga Inggris

Bukan karena Kucuran Dana, Ini Alasan Liverpool Bisa Berjaya di Liga Inggris

Kamis, 27 Desember 2018 21:46 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Jamie Redknapp turut mengomentari pencapaian Liverpool yang kini sedang melaju mulus di perburuan gelar Liga Primer Inggris 2018/19. Meski kucuran dana dari manajemen berperan besar di balik kesuksesan skuat Jurgen Klopp, Redknapp ternyata punya sudut pandang lain.

Menurutnya, apa yang berhasil diraih mantan klubnya tersebut sekarang ini tidak lepas dari upaya seorang Klopp untuk memanfaatkan dan mengembangkan para pemain yang telah dimilikinya.

“Menurut (Rafael) Benitez, keuntungan besar Klopp sebagai manajer adalah tidak perlu menjual pemain untuk mendapatkan yang baru. Namun menghabiskan uang saja tidak bisa dijadikan alasan Liverpool memimpin enam poin di pertengahan kompetisi,” tulis Redknapp di kolom Daily Mail-nya.

“Manchester United menghabiskan hampir 200 juta poundsterling (sekitar Rp3,68 triliun) melebihi Klopp selama tiga musim terakhir. Akan tetapi, mereka tidak terlihat sebagai penantang gelar juara,” tambahnya.

Sempat menggunakan sejumlah dana untuk memboyong Alisson Becker, Virgil Van Dijk, dan sejumlah gelandang tanpa melepas pemain bintangnya, Klopp memang dianggap beruntung oleh sejumlah pihak. Meski demikian, Redknapp menilai ada faktor lain yang membuat pelatih asal Jerman tersebut spesial.

“Klopp adalah manajer yang tidak hanya jeli dalam melihat pemain bagus. Dia bisa mengembangkan mereka juga. Mohamed Salah bukan seorang pemain dengan 40 gol dan bahkan bukan kandidat penantang Ballon d’Or ketika dia datang ke Liverpool,” ucap putra Harry Redknapp tersebut.

Hal serupa pun terjadi pada Joe Gomez yang berhasil menjelma menjadi pemain andalan di Timnas Inggris. Redknapp juga mengaku takjub dengan hasil didikan Klopp saat melihat skuat Liverpool baik-baik saja meski telah ditinggal seorang playmaker seperti Philippe Coutinho.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT