Bola Internasional

4 Pelatih yang Tak Pernah Jadi Pemain Sepak Bola Profesional

Selasa, 7 April 2020 08:33 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
© Buda Mendes/GettyImages
Carlos Alberto Parreira, mantan pelatih Atletico Madrid dan Valencia. Copyright: © Buda Mendes/GettyImages
Carlos Alberto Parreira, mantan pelatih Atletico Madrid dan Valencia.
Carlos Alberto Parreira

Terpilih sebagai Pelatih Nasional Terbaik IFFHS di Dunia pada 2005, Carlos Alberto Parreira memulai kariernya bukan sebagai pesepak bola profesional, tetapi seorang pelatih.

Parreira menarik perhatian dunia selama waktunya dengan Fluminense, ketika ia memimpin mereka ke dua gelar liga dan menyelamatkan mereka dari kebangkrutan. Ia juga pernah menjadi pelatih untuk Valencia, Sao Paulo dan Atletico Madrid.

Parreira, yang memegang rekor untuk menghadiri turnamen final Piala Dunia paling banyak sebagai manajer dengan enam penampilan, memimpin Brasil meraih kemenangan di Piala Dunia 1994, Copa América 2004, dan Piala Konfederasi 2005.

Arrigo Sacchi

© Claudio Villa/Getty Images
Arrigo Sacchi  mantan pelatih AC Milan. Copyright: Claudio Villa/Getty ImagesArrigo Sacchi mantan pelatih AC Milan.

Setelah gagal masuk ke klub amatir asal Italia, Baracca Lugo, Arrigo Sacchi memilih untuk mulai karier manajerialnya di awal 2000-an. Terobosannya datang ketika ia pindah ke Fiorentina sebagai pelatih tim muda.

Pekerjaan yang baik dengan tim muda, membuat Parma tertarik untuk merekrutnya, yang saat itu mereka berada di Serie C Italia. Sacchi berhasil mendorong merek ke Serie B dan bahkan mengalahkan AC Milan di Coppa Italia.

Milan terkesan dengan kemampuannya, dan memutuskan untuk mempekerjakannya. Sacchi membawa dua Piala Eropa kembali ke San Siro, dan membangun salah satu tim terbaik dalam sejarah.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%