Bola Internasional

FIFA Desak Wasit Beri Tindakan Tegas Atas Perilaku Rasisme

Jumat, 28 Desember 2018 14:14 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Presiden FIFA, Gianni Infantino. Copyright: © Getty Images
Presiden FIFA, Gianni Infantino.

INDOSPORT.COM - FIFA mendesak wasit untuk mengambil tindakan tegas terhadap perilaku rasisme kepada pemain saat pertandingan berlangsung. Perintah ini datang langsung dari presiden FIFA, Gianni Infantino.

AS melaporkan, Infantino kesal dan tersinggung atas penghinaan yang ditujukan pada pemain Napoli, Kalidou Koulibaly selama pertandingan melawan Inter Milan.

Pasca kejadian tersebut, FIFA langsung membicarakan masalah ini Ketua wasit FIFA, Massimo Busacca, yang akan mengirim surat edaran ke setiap wasit agar secara ketat menerapkan peraturan selama insiden rasis di lapangan.

Aturan FIFA menyerukan agar pertandingan segera dihentikan karena ada insiden rasis yang serius, seperti yang diderita Koulibaly selama pertandingan di San Siro.

Ketika perilaku tersebut berlanjut, wasit diharuskan menangguhkan pertandingan tersebut dan mengirim para pemain ke ruang ganti mereka untuk periode tertentu. Bila tak ada respon, wasit harus meninggalkan pertandingan.

Selain mengharuskan wasit mengikuti aturan ini, FIFA berencana untuk mengirim pengamat ke stadion di mana penggemar memiliki sejarah perilaku rasis. Klub yang memiliki perilaku rasis berulang dapat dikeluarkan dari kompetisi.

Ikuti Terus Berita Bola Internasional dan Berita Sport Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM