Bola Internasional

Dream Team Skuat Timnas Indonesia Versi Media Ternama Amerika Serikat

Sabtu, 5 Januari 2019 15:52 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
 Copyright:
Sektor Belakang

Penjaga Gawang- Hendro Kartiko

Pada posisi penjaga gawang, Fox Sports memilih nama kiper legendaris, Hendro Kartiko. Semua tak lain karena penampilan apik yang pernah ditunjukan Hendro selama membela Timnas Indonesia di ajang Piala Asia.

Pada Piala Asia 1996, Timnas Indonesia tampil dan Hendro yang masih berusia 23 tahun berstatus kiper kedua di bawah Kurnia Sandi. Namun, kala laga menghadapi Kuwait, Kurnia Sandy menderita cedera, lalu dipilihlah Hendro sebagai kiper utama.

© INTERNET
Hendro Kartiko saat masih membela  Arema Cronus pada tahun 2007-08. Copyright: INTERNETHendro Kartiko saat masih membela Arema Cronus pada tahun 2007-08.

Penampilan Hendro pun berbuah manis. Ia mampu menangkis sejumlah percobaan tendangan pemain lawan dan membantu Timnas Indonesia mengimbangi Kuwait dengan skor 2-2.


Bek Kanan - Elie Aiboy

Nama yang dipilih Fox Sports untuk posisi bek kanan adalah Elie Aiboy. Fox Sports mengakui kecepatan dan kemampuan Elie sebagai salah satu sayap atau fullback terbaik yang pernah membela Timnas Indonesia.

Mungkin yang paling membekas kala Elie membela Timnas Indonesia pada Piala Asia 2007 silam. Kala itu, penampilan Elie begitu memukau dan hampir meloloskan Timnas Indonesia dari babak grup.

Khususnya dalam laga melawan Arab Saudi, Elie berhasil mencetak satu gol yang sangat cantik dengan melewati beberapa pemain lawan. Sayangnya, pada laga itu Timnas Indonesia harus takluk 2-1 akibat gol menit akhir yang dicetak Arab Saudi.


Bek Tengah - Yeyen Tumena

Nama yang dipilih Fox Sports untuk mengisi posisi bek tengah ialah Yeyen Tumena. Kiprahnya di Piala Asia 1996 jadi patokan yang membuatnya terpilih ke dalam daftar ini.

Ya, pada ajang kala itu Yeyen merupakan bek utama Timnas Indonesia. Ia bahkan tak tergantikan sama sekali dalam tiga pertandingan babak grup yang dimainkan.

Bek Tengah - Charis Yulianto

Nama pemain yang dilipih Fox Sports sebagai tandem Yeyen Tumena adalah Charis Yulianto. Kiprahnya di Piala Asia 2007 yang menjadi patokan hingga Charis bisa masuk ke dalam daftar ini.

Ya, Timnas Indonesia kala itu bermain cukup memukau. Bahkan, Timnas Indonesia hanya berjarak satu poin dari peringkat dua, Korea Selatan untuk bisa lolos dari babak grup.

Penampilan gemilang Timnas Indonesia tak lepas dari peforma Charis di lini belakang. Berkat ketangguhannya, Timnas Indonesia hanya kebobolan tiga gol dari tiga laga yang dimainkan di grup.


Bek Kiri - Aji Santoso

Nam yang dipilih Fox Sports untuk mengisi posisi bek kiri adalah Aji Santoso. Sosok yang kini telah menjadi pelatih ini dahulu memang pernah membela Timnas Indonesia.

Fox Sports menyebut bahwa Aji merupakan salah satu bek sayap kiri terbaik di masanya. Tak hanya memiliki kecepatan, Aji juga punya kualitas umpan menyilang yang begitu berbahaya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%