Liga Indonesia

Kejar Lisensi Level 1 AFC, Pelatih Kiper PSM Makassar Dimentori Instruktur Uni Emirat Arab

Selasa, 8 Januari 2019 19:01 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Lanjar Wiratri
© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Pelatih kiper PSM Makassar, Herman Kadiaman. Copyright: © Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Pelatih kiper PSM Makassar, Herman Kadiaman.

INDOSPORT.COM - Pelatih kiper PSM Makassar, Herman Kadiaman, mengikuti kursus AFC Goalkeeper Coaches Course Level I di Sawangan, Depok, 6-12 Januari 2019.

Sebanyak 22 pelatih kiper dari berbagai klub di Indonesia menjadi peserta dalam kursus gelombang pertama yang dipimpin oleh instruktur AFC, Zakareya Ahmed Alawadhi dari Uni Emirat Arab.

"Ya, saya ikut Level 1, khusus untuk pelatih kiper. Kalau mau ikut Level 1 syaratnya dapat lisensi C AFC dulu, spesifiknya begitu," ujar Herman Kadiaman, Selasa (08/01/19). 

Saat ini, Herman memang baru memegang lisensi C AFC. Herman pun memerlukan lisensi tambahan untuk mengupgrade sertifikat kepelatihannya.

"Untuk pelatih kiper, ada level satu sampai tiga. Harus ada C AFC level 1 dulu baru bisa naik ke level 2 sampai tiga, artinya ini lisensi tambahan untuk pelatih kiper," jelasnya.

Herman Kadiaman mengikuti kursus bersama sejumlah pelatih seperti Hermansyah, Kurnia Sandi, Markus Horison, dan Fery Rotinsulu.

Herman bisa dibilang salah satu pelatih kiper senior di Indonesia. Sudah banyak penjaga gawang yang mendapat sentuhan dari pelatih kelahiran 10 Januari 1968 silam ini.

Sebut saja Hendro Kartiko, Almarhum Ahmad Kurniawan, Almarhum Choirul Huda, Jendry Pitoy, Kurnia Meiga hingga yang terbaru, Hilman Syah pernah dilatih oleh Herman Kadiaman.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT