Bola Internasional

Dalmiansyah Matutu Diragukan Banyak Pihak, Ini Respons Mengejutkan Indra Sjafri

Rabu, 9 Januari 2019 08:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemanggilan gelandang dari klub sepak bola Arema FC, Dalmiansyah Matutu ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 ternyata menimbulkan banyak tanda tanya.

Pasalnya, pemain yang akan mengijak usia 22 tahun pada Oktober mendatang itu sangat minim jam terbang.

Dalmiansyah tidak pernah dimainkan dalam pertandingan Liga 1 2018, bahkan selama satu musim ia hanya bermain selama 12 menit.

Catatan waktu tersebut didapatnya saat membela Arema di Piala Indonesia, sehingga kualitas permainannya diragukan oleh banyak pihak.

Kendati demikian, pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri memiliki pandangan yang berbeda. Pelatih 55 tahun itu meyakininjika Dalmiansyah dan pain lainnya yang minim jam terbang tetap punya kualitatisa, sehingga layak untuk diseleksi.

"Saya di awal kan sudah saya bilang. Ini (pemanggilan pemain) berdasarkan informasi pemain dari Liga 1, 2 dan 3.
Kedua informasi dari tim High Performance Unit (HPU) PSSI dan ketiga informasi dari pelatih-pelatih yang pernah menangani mereka di klub," ucapnya.

"Saya yakin ada pemain-pemain yang mungkin tidak punya jam terbang juga, tetapi dia punya kualitas. Dan itu gunanya seleksi. Nanti kalau gak berkualitas ya pasti tereliminasi dengan sendirinya," imbuh Indra.

Pada pemusatan latihan kali ini, Indra Sjafri memang memanggil cukup banyak pemain yakni mencapai 38 orang.

Nantinya para pemain akan diseleksi, di mana mantan pelatih Bali United tersebut memberlakukan sistem promosi degradasi pada akhir pekan nanti setelah melakukan evaluasi selama seminggu terhadap kualitas pemain.

Di sisi lain, Dalmiansyah menyatakan sikap untuk berjuang di Timnas U-22 meski banyak pro dan kontra terkait pemanggilan dirinya.

Pemain asal Lampung itu bertekad, berlatih keras dan menjawab keraguan publik atas kualitas permainannya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Informasi Seputar Timnas Indonesia di INDOSPORT