Bola Internasional

Liga Vietnam Bakal Terapkan VAR Musim Depan, Bagaimana dengan Liga 1?

Rabu, 9 Januari 2019 03:44 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© affsuzukicup.com
Para pemain Vietnam berselebrasi merayakan kemenangan atas Laos. Copyright: © affsuzukicup.com
Para pemain Vietnam berselebrasi merayakan kemenangan atas Laos.

INDOSPORT.COM - Gebrakan dan perubahan telah dilakukan federasi sepak bola Vietnam, VFF yang meresmikan penggunaan sistem VAR (Video Assistant Referee) dalam kompetisi kasta tertinggi sepak bola mereka musim depan.

Kepastian tersebut diungkapkan sendiri oleh Presiden VFF, Tran Anh Tu, dalam acara konferensi pers terkait penggunaan VAR di Liga Vietnam pada Selasa (08/01/19) lalu.

Melalui acara tersebut, Tran Anh Tu mengatakan jika dirinya merasa cemburu kala melihat pertandingan Liga Thailand yang lebih dahulu menerapkan sistem wasit tambahan tersebut.

"Beberapa kali saya ke Thailand menyaksikan liga di sana menggunakan VAR dan berpikir bahwa Vietnam juga bisa melakukan hal yang sama," kata Tran Anh Tu seperti dilansir laman berita dantri.com.vn.

Disebutkan juga jika penerapan sistem VAR ini bakal dimulai dalam laga-laga besar V. League 1, yang memang sangat rentan akan gesekan terkait keputusan pengadil lapangan.

"Kami berpikir untuk mencoba penggunaan VAR di stadion-stadion besar seperti Hang Day, My Dinh, Thong Nhat, dan Binh Duong, dengan menggunakan banyak kamera, kualitas siaran televisi. Kami juga mungkin memilih beberapa laga panas dan memakai VAR." tambah Tran Anh Tu.

Penggunaan VAR di kawasan Asia Tenggara sendiri sejatinya baru dijalankan di kompetisi kasta tertinggi sepak bola di dua negara, yakni Thailand pada musim 2017 dan 2018 lalu dan Vietnam yang diperkirakan menggunakan VAR musim depan.

Namun penggunaan VAR di Liga Thailand tak berjalan mulus, di mana pada 1 Maret 2018 lalu Liga Thailand akan berhenti menggunakan VAR (Video Assistant Referee) dan AAR (Additional Assistant Referees) lantaran tak mendapat banyak perssetujuan dari beberapa klub peserta.

Sementara untuk Indonesia sendiri belum ada rencana bagi PT LIB untuk menggunakan VAR di Liga 1. Kemungkinan besar baru 2020 Indonesia berpotensi menggunakan VAR.

Terus Ikuti Perkembangan Bola Internasional dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

446