Liga Indonesia

Eks Timnas Uzbekistan Heran dengan Tingginya Animo Suporter di Indonesia

Jumat, 11 Januari 2019 15:17 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pavel Smolyachenko saat jalani latihan bersama Arema FC Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pavel Smolyachenko saat jalani latihan bersama Arema FC

INDOSPORT.COM - Pavel Smolyachenko masih tampak tak percaya dengan apa yang dilihatnya saat berlatih dengan skuat Arema FC, Kamis (11/01/19). Pada latihan perdana tersebut, ratusan Aremania menyesaki tribune sampai meluber hingga tepi lapangan Stadion Gajayana.

Pavel pun sempat kaget dengan banyaknya permintaan foto yang datang kepada dirinya dari suporter. Ia rela ditarik-tarik oleh Aremania yang berjubel begitu latihan yang dipimpin Milomir Seslija itu berakhir.

"Ini pengalaman baru bagi saya. Saya membayangkan bagaimana ketika pertandingan, padahal ini baru latihan," papar midfielder berusia 27 tahun tersebut.

"Di Uzbekistan, akan sangat sepi penonton jika hanya official training. Bahkan ketika pertandingan kompetisi, mungkin hanya enam sampai tujuh ribu orang saja yang menonton di stadion," imbuhnya.

Bergabung ke Arema FC adalah pengalaman pertamanya berstatus sebagai pemain asing di Indonesia. Selama delapan tahun karier profesionalnya, Pavel berkutat di sejumlah klub negeri kelahirannya sejak berusia 19 tahun pada 2010 silam.

Sedangkan Indonesia menjadi negara keduanya di Asia Tenggara, setelah sempat berkompetisi di Liga Primer Malaysia bersama klub Angkatan Tentara Malaysia (ATM) pada 2017 lalu.

Maka dari itu, ia mengambil kesimpulan bahwa Indonesia memang surganya kemeriahan sepak bola. Ia pun sempat mencari tahu soal Arema FC dan Aremania melalui beberapa referensi sebelum datang ke Malang.

"Saya melihatnya di YouTube. Tidak banyak tahu juga, tapi ternyata memang luar biasa atmosfer di sini," pungkasnya.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM