Bola Internasional

India Kalah, Thailand Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2019

Selasa, 15 Januari 2019 01:15 WIB
Editor: Juni Adi
© AFC
UAE vs Thailand. Copyright: © AFC
UAE vs Thailand.

INDOSPORT.COM - Masyarakat Thailand akhirnya bisa bernafas lega, setelah Tim Nasionalnya memastikan diri jadi wakil Asia Tenggara satu-satunya yang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2019.

Kepastian tersebut didapat setelah Thailand berhasil menahan imbang tuan rumah, Uni Emirat Arab di laga pamungkas Grup A, Senin (14/01/19) malam WIB.

Bermain di Stadion Hazza Bin Zayed, kedua tim harus puas mengakhiri laga dengan skor 1-1. UAE sempat unggul lebih dahulu melalui Ali Mabkhout menit ke-7.

Namun, The Elephants War berhasil menyamakan skor di penghujung babak pertama, melalui Thitipan Puangchan menit ke-41. Di babak kedua, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Tambahan satu poin membuat Thailand berhasil naik ke peringkat dua klasemen dengan empat poin, dan memastikan diri lolos ke babak 16 besar mendampingi UAE sebagai juara grup A.

Sebelumnya, Thailand sempat terancam tersingkir dari Piala Asia 2019 lantaran di laga perdana dibantai India, dengan skor 4-1. Namun mereka berhasil bangkit di laga kedua, menaklukan Bahrain dengan skor 1-0.

Menariknya, India yang tampil mengesankan di laga perdana justru tidak lolos. Membutuhkan kemenangan, mereka justru takluk dengan skor 1-0 di laga terakhir Grup A melawan Bahrain, Senin (14/01/19).

Bahrain sendiri berpeluang lolos melalui jalur peringkat tiga terbaik, karena mereka menempati urutan ketiga meski mendulang poin sama dengan Thailand yakni empat poin. Hanya saja, Thailand berhak di posisi kedua, karena unggul head to head.