Bola Internasional

Lolos ke Babak 16 Besar, Ini Kata Pelatih Thailand

Selasa, 15 Januari 2019 17:21 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© AFC
Logo Piala Asia 2019 Copyright: © AFC
Logo Piala Asia 2019

INDOSPORT.COM - Timnas Thailand berhasil menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang mampu melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2019 dari Grup A.

Kepastian tersebut didapat usai menahan imbang 1-1 tuan rumah Uni Emirat Arab, pada Senin (14/01/19) kemarin. Tambahan satu poin, membuat posisi Thailand terdongkrak ke urutan kedua.

Keberhasilan Thailand juga tidak lepas dari hasil pertandingan lain, antara India vs Bahrain. India yang sebelumnya menempati urutan kedua, dan hanya membutuhkan hasil imbang, secara mengejutkan justru menelan kekalahan.

India kalah dengan skor 1-0 dari Bahrain, sehingga posisinya merosot ke dasar klasemen dan dipastikan tersingkir. Padahal, mereka sempat memulai kompetisi dengan bagus, usai membantai Thailand dengan skor 4-1 di laga perdana.

"Setelah kekalahan melawan India, ada beberapa hal yang tidak terlihat bagus dalam permainan tim. Ketika saya ditunjuk menggantikan (Milovan) Rajevac, saya mengubahnya," kata pelatih Thailand, Sirisak Yodyatahi dilansir dari laman resmi AFC.

"Kami memasukkan tekad dan motivasi ke dalam tim dalam dua pertandingan terakhir. Saya bisa melihat para pemain bertekad untuk tampil lebih baik dan mendapatkan hasil positif."

Saya sangat bangga dan sangat bahagia dan sangat bersyukur bahwa kami telah membuat sejarah untuk tim nasional Thailand," tandasnya.

Ini merupakan kedua kalinya Thailand melangkah ke babak 16 besar. Terakhir kali mereka melakukannya, pada tahun 1972. Di babak 16 besar, Thailand akan berhadapan dengan juara Grup B antara Yordania atau Australia.

Ikuti terus berita Piala Asia 2019 dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM