In-depth

Urgensi Liga 2 Kembali Menggunakan Jasa Pemain Asing

Kamis, 17 Januari 2019 13:38 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
© Liga-Indonesia.id
Logo Liga 2 Indonesia. Copyright: © Liga-Indonesia.id
Logo Liga 2 Indonesia.

INDOSPORT.COM – Kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia, Liga 2, telah berjalan hampir tiga musim tanpa kehadiran pemain asing. Kompetisi yang dulunya bernama Divisi Utama itu terakhir menggunakan jasa pemain impor pada musim 2014.

Setelah terkena sanksi dari FIFA, Divisi Utama dimulai lagi dengan tajuk Indonesia Soccer Championship (ISC) B pada tahun 2016. Regulasi pemain asing dihapuskan dari peredaran.

Kebijakan tersebut hingga kini masih berjalan. Tidak ada protes meski belakangan ini wacana penggunaan kembali jasa pemain asing di Liga 2 kembali mengemuka.

Usul itu datang dari klub promosi Liga 2, Bogor FC. CEO Bogor FC, Effendi Syahputra, akan membawa ide penggunaan kembali pemain asing di Liga 2 saat kongres tahunan PSSI yang berlangsung pada 20 Januari di Bali.

"Kami sebagai pendatang baru di Liga 2 ingin membuat gebrakan. Setelah kami berdiskusi dengan LIB selaku operator, bahwa kami ingin Liga 2 bisa menggunakan pemain asing," ucap Effendi, Rabu (16/01/19), di Lentera Cafe Menteng, Jakarta Pusat.

Hingar-bingar Liga 2 tanpa pemain asing hampir memasuki musim ketiga. Sejauh ini, bagaimana kenyataan yang dirasakan oleh pencinta sepak bola Tanah Air?

59