Liga Indonesia

Masalah Kecil 'Hantui' Timnas Indonesia U-22 Jelang Piala AFF

Rabu, 23 Januari 2019 16:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Para pemain Timnas Indonesia U-22 melakukan jogging usai menjalani internal game di stadion Madyan Senayan. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Para pemain Timnas Indonesia U-22 melakukan jogging usai menjalani internal game di stadion Madyan Senayan.

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Nova Arianto, mengatakan ada satu 'masalah' kecil yang masih menghantui tim skuat Garuda Muda jelang Piala AFF U-22 pada Januari nanti, yaitu kondisi fisik para pemain sepak bola Indonesia di Timnas U-22 yang belum maksimal. 

Hal itu disebabkan, Bagas Adi dan kawan-kawan datang bergabung di saat kompetisi sudah selesai sehingga harus memulai dari awal guna meningkatkan staminanya.

"Saya lihat daya tahan para pemain setelah dari klub melewati preseason, jadi masih dalam masa transisi,  sehingga kondisi pemain mulai lagi dari nol," katanya.

"Oleh karena itu, hal tersebut jadi yang kami perhatikan lebih dulu untuk ditingkatkan. Karena dengan endurance yang kuat, taktik apapun yang diberikan akan bisa dijalankan dengan baik juga," lanjut Nova.

Guna mengembalikan kondisi fisik pemain, Nova Arianto lantas melakukan latihan spesial pada Rabu (23/01/19). Ia meminta 30 pemain yang berada di pemusatan latihan menjalani latihan fisik dengan berlari, joging dan sebagainya.

Tak cuma lari yang menjadi fokus latihan fisik, para pemain Timnas U-22 juga diminta untuk melakukan lompatan kecil sembari melakukan heading, lalu ada lari melewati cone secara zig-zag untuk melatih agility atau kelincahan mengubah posisi.

"Peningkatan sudah cukup baik, setelah melewati tiga minggu pemusatan latihan. Daya tahan para pemain sudah sekitar 50-60 persen, jadi semoga bisa lebih baik lagi waktu di Piala AFF nanti," tutur Nova menyoal progres fisik para pemain.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Seputar Timnas Indonesia Lainnya di INDOSPORT